Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains-Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Semarang tahun pelajaran 2010 / 2011


Sudibyo, Yohanes Curie Wijayanto, 4201406546 (2012) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains-Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Semarang tahun pelajaran 2010 / 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains-Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Semarang tahun pelajaran 2010 / 2011]
Preview
PDF (Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains-Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Semarang tahun pelajaran 2010 / 2011) - Published Version
Download (89kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar sains-fisika pada siswa kelas VII SPM Negeri 30 Semarang dengan penerapan model pembelajaran jigsaw berbasis inkuiri. Populasi penelitian sebanyak 36 orang siswa. Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental design/ quasi eksperimen karena hanya ada satu kelompok eksperimen tanpa kelompok kontrol. Pada desain ini subjek dilakukan dua kali penilaian. Penilaian yang pertama dilakukan sebelum diberi perlakuan (pretes) dengan kode O1 dan penilaian yang kedua dilakukan setelah diberi perlakuan (postes) dengan kode O2. Hasil analisis data penelitian dengan analisis validitas menunjukkan bahwa hasil perhitungan tes uji coba soal tiap siklus dengan masing-masing jumlah soal 20 dan taraf signifikan 0,05 dan dk = 34 diperoleh rtabel sebesar 0,329. Berdasarkan hasil analisis uji coba instrumen dengan rumus K-R.21 diperoleh r11 sebesar 0,853 dengan kriteria sangat tinggi untuk soal uji coba siklus I pokok bahasan pengukuran. Untuk soal uji coba siklus II pokok bahasan suhu dan pengukurannya diperoleh r11 sebesar 0,779 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil analisis data soal uji coba siklus I pokok bahasan pengukuran diperoleh 15% soal dengan kriteria sukar, 45% soal dengan kriteria sedang dan 40% soal dengan kriteria mudah. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh soal yang mempunyai daya pembeda sangat jelek 15%, jelek 30%, cukup 35%, baik 20%, dan baik sekali 0% untuk soal uji coba siklus I pokok bahasan pengukuran. Simpulan yang dapat diambil adalah: 1 Dari hasil penelitian belajar kognitif siswa pada Pra Siklus yang menunjukkan 44,44%, pada Siklus I menunjukkan ketuntasan klasikal 66,67%, dan pada Siklus II menunjukkan angka ketuntasan sebesar 91,67%. 2. Hasil penelitian afektif pada Pra Siklus yang menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 44,44%, pada siklus I menunjukkan ketuntasan sebesar 72%, dan pada siklus II menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 94,44%. 3. Hasil belajar psikomotorik siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil penelitian pada Pra Siklus sebesar 44,44%, pada siklus I menunjukkan ketuntasan Klasikal sebesar 69% dan pada siklus II sebesar 83,33%. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 May 2012 06:26
Last Modified: 25 May 2012 06:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12428

Actions (login required)

View Item View Item