Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Batang


F Kurniawati, 4201405033 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Batang]
Preview
PDF (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Batang) - Published Version
Download (22kB) | Preview

Abstract

Guru bertanggung jawab melaksanakan sistem pembelajaran agar berhasil dengan baik. Keberhasilan ini bergantung pada upaya guru membangkitkan motivasi belajar siswanya. Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT menggunakan kompetisi antar tim sebagai sarana untuk memotivasi siswa bekerja sama dengan anggota timnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI SMA N 1 Batang sehingga dapat mencapai nilai ketuntasan belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, sedangkan pada kelas kontrol diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan skala bertingkat motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata persentase motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen 74,01% (kriteria tinggi) dengan rata-rata hasil belajar 75,8. Sedangkan rata-rata persentase motivasi belajar siswa pada kelas kontrol 71,71% (kriteria tinggi) dengan rata-rata hasil belajar 74,73. Hasil uji signifikansi peningkatan rata-rata motivasi dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung kelas eksperimen 6,0; thitung kelas kontrol 3,06; sedangkan hasil uji signifikansi peningkatan rata-rata pemahaman diperoleh thitung kelas eksperimen 9,73; thitung kelas kontrol 7,80. Nilai thitung lebih besar dari t(0.975;33) = 2,035 sehingga pada kedua kelas tersebut terjadi peningkatan rata-rata motivasi dan hasil belajar yang signifikan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI SMA N 1 Batang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), Motivasi belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 May 2012 06:23
Last Modified: 25 May 2012 06:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12427

Actions (login required)

View Item View Item