Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Tutor Sebaya Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIIIA Semester II MTs Tarqiyatul Himmah Kec. Pabelan Kab. Semarang Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang Tahun Ajaran 2009/2010.

Al Khafidz, Muhammmad., 4201405020 (2012) Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Tutor Sebaya Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIIIA Semester II MTs Tarqiyatul Himmah Kec. Pabelan Kab. Semarang Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang Tahun Ajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Tutor Sebaya Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIIIA Semester II MTs Tarqiyatul Himmah Kec. Pabelan Kab. Semarang Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang Tahun Ajaran 2009/2010.) - Published Version
Download (14Kb)

    Abstract

    Latar belakang masalah penelitian ini adalah banyak siswa yang mengalami kesukaran dalam memahami pelajaran IPA khususnya pada pokok bahasan getaran dan gelombang, oleh karena itu perlu suatu penerapan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan tutor sebaya sebagai salah satu alternatif yang akan diterapkan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif dengan pendekatan tutor sebaya siswa kelas VIIIA semester II MTs Tarqiyatul Himmah Kec. Pabelan Kab. Semarang tahun ajaran 2009/2010. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di kelas VIIIA semester II MTs Tarqiyatul Himmah Kec. Pabelan Kab. Semarang tahun ajaran 2009/2010 dan didesain dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian setelah dua siklus diperoleh penerapan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan tutor sebaya pokok bahasan getaran dan gelombang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIIA MTs Tarqiyatul Himmah Kauman Lor Kec. Pabelan Kab. Semarang tahun ajaran 2009 / 2010. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siswa siklus I sebesar 55,17% dan siklus II sebesar 96,6%. Ketuntasan klasikal hasil belajar afektif siswa siklus I sebesar 26,7% dan siklus II sebesar 90%. Ketuntasan klasikal hasil belajar psikomotorik siswa siklus I sebesar 43,3% dan siklus II sebesar 86,7%. Simpulan dari penelitian tindakan ini adalah melalui pendekatan tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada siswa kelas VIIIA semester II MTs Tarqiyatul Himmah Kec. Pabelan Kab. Semarang pokok bahasan getaran dan gelombang tahun ajaran 2009/2010.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, tutor sebaya, prestasi belajar
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 25 May 2012 02:20
    Last Modified: 25 May 2012 02:20

    Actions (login required)

    View Item