Penerapan Pewarnaan Graf pada Penjadwalan Ujian Akhir Semester di Perguruan Tinggi Menggunakan Algoritma Welsh Powell (Studi Kasus di Jurusan Matematika FMIPA UNNES)

A Susiloputro, 4150407001 (2012) Penerapan Pewarnaan Graf pada Penjadwalan Ujian Akhir Semester di Perguruan Tinggi Menggunakan Algoritma Welsh Powell (Studi Kasus di Jurusan Matematika FMIPA UNNES). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Penerapan Pewarnaan Graf pada Penjadwalan Ujian Akhir Semester di Perguruan Tinggi Menggunakan Algoritma Welsh Powell (Studi Kasus di Jurusan Matematika FMIPA UNNES)) - Published Version
Download (1131Kb)

    Abstract

    Ujian akhir semester merupakan kegiatan akademik yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa pada setiap akhir masa perkuliahan. Oleh karena itu setiap mahasiswa wajib mengikuti ujian akhir semester untuk setiap mata kuliah yang diambil pada semester tersebut. Akibatnya jadwal ujian yang disusun oleh petugas akademik harus terbebas dari masalah tumbuk waktu ujian agar setiap mahasiswa dapat mengikuti semua ujian untuk mata kuliah yag mereka ikuti. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan konsep pewarnaan graf sebagai metode untuk menyusun jadwal ujian akhir semester yang terbebas dari masalah tumbuk waktu ujian. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi pustaka dan eksperimen. Studi pustaka dilakukan dengan mengkaji sumber-sumber pustaka yang berkaitan dengan teori graf, pewarnaan dan penjadwalan ujian akhir semester terutama di Jurusan Matematika Universitas Negeri Semarang. Sedangkan eksperimen dilakukan dengan mencoba menyusun jadwal ujian akhir semester di Jurusan Matematika. Eksperimen dilakukan menggunakan data-data dan informasi yang diambil secara langsung di Jurusan Matematika untuk kemudian dibuatkan jadwal ujian akhir. Pada penelitian ini digunakan studi kasus pada data akademik semester genap tahun ajaran 2010/2011 di Jurusan Matematika. Penyusunan jadwal diawali dengan membuat model graf konflik penjadwalan menggunakan data peserta kuliah. Kemudian dilakukan pewarnaan pada graf konflik penjadwalan menggunakan algoritma Welsh Powell yang telah dimodifikasi. Setelah diperoleh hasil pewarnaan maka dapat disusun jadwal ujian akhir semester berdasarkan hasil pewarnaan. Mata kuliah dengan warna sama dapat dijadwalkan pada waktu yang bersamaan dan sebaliknya. Jadwal ujian akhir semester yang dibuat pada penelitian ini membutuhkan 22 waktu yang berbeda. Semua mata kuliah yang ada dapat dijadwalkan dengan masa ujian 6 hari. Jadwal ini memiliki masa ujian yang lebih singkat jika dibandingkan dengan jadwal yang dibuat oleh petugas akademik. Oleh karena itu, petugas akademik dapat menggunakan yang telah dibuat sebagai referensi dalam pembuatan jadwal ujian akhir semester.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Teori Graf, Pewarnaan Graf, Penjadwalan Ujian, Algoritma Welsh Powell.
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 25 May 2012 02:13
    Last Modified: 25 May 2012 02:13

    Actions (login required)

    View Item