Keefektifan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Pendekatan PMRI terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP N 3 Semarang Materi Pokok Lingkaran Tahun Ajaran 2011/2012


Pratidina, Inung., 4101408188 (2012) Keefektifan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Pendekatan PMRI terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP N 3 Semarang Materi Pokok Lingkaran Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Pendekatan PMRI terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP N 3 Semarang Materi Pokok Lingkaran Tahun Ajaran 2011/2012]
Preview
PDF (Keefektifan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Pendekatan PMRI terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP N 3 Semarang Materi Pokok Lingkaran Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (32kB) | Preview

Abstract

Sifat matematika yang abstrak membuat peserta didik merasa kesulitan dalam mempelajarinya. Model pembelajaran mind mapping sangat baik digunakan untuk mengungkap pengetahuan awal peserta didik.. Untuk mewujudkan kebermaknaan pembelajaran, diterapkan pembelajaran dengan pendekatan PMRI. Sesuai prinsip PMRI, matematika sebagai kegiatan manusia, artinya peserta didik berkesempatan untuk melakukan aktivitas dalam pelajaran matematika serta dikaitkan dengan realita di lingkungan sekitar mereka. Masalah dalam penelitian ini adalah keefektifan model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan PMRI terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok Lingkaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan PMRI terhadap hasil belajar peserta didik. Pembelajaran dikatakan efektif jika rata-rata hasil belajar peserta didik yang diberi perlakuan model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan PMRI mencapai kriteria ketuntasan minimal individual dan klasikal serta lebih baik dari model pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP N 3 Semarang tahun ajaran 2011/2012 yang tersebar di delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni dokumentasi dan tes. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan PMRI dan model pembelajaran ekspositori, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Hasil uji rata-rata diperoleh 70,1758,01tt maka Ho diterima, artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen kurang dari atau sama dengan 73 atau belum mencapai KKM individual. Hasil uji proporsi -0,873z < 1,64 maka Ho diterima artinya banyak peserta didik kelas eksperimen yang tuntas belum mencapai 75% atau belum mencapai KKM klasikal. Hasil uji t diperoleh thitung=2,131 > ttabel =1,673 sehingga H1 diterima yang berarti rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan PMRI belum efektif, khususnya dalam hal pencapaian KKM klasikal maupun individual dalam penyampaian materi pokok lingkaran kelas VIII SMP N 3 Semarang tahun ajaran 2011/2012. Penulis menyarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut khususnya untuk guru SMP Negeri 3 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, model pembelajaran mind mapping, PMRI, hasil belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 May 2012 01:44
Last Modified: 25 May 2012 01:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12420

Actions (login required)

View Item View Item