Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Berbantuan CD Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Persamaan Garis Lurus untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Boja.


Rida Budianto, 4101407118 (2012) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Berbantuan CD Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Persamaan Garis Lurus untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Boja. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101407118a.pdf]
Preview
PDF
Download (77kB) | Preview
[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Berbantuan CD Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Persamaan Garis Lurus untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Boja.]
Preview
PDF (Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Berbantuan CD Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Persamaan Garis Lurus untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Boja.) - Published Version
Download (77kB) | Preview

Abstract

Mutu pendidikan Indonesia, terutama dalam pelajaran matematika masih rendah. Banyak faktor yang berpengaruh dalam rendahnya prestasi belajar matematika, salah satunya adalah cara mengajar guru yang kurang tepat. Pembelajaran yang biasa diterapkan selama ini menggunakan pembelajaran ekspositori, di mana pembelajaran berpusat pada guru, siswa pasif, dan kurang terlibat dalam pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah salah satu model pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk aktif, saling tukar pikiran, bekerja sama, dalam memecahkan masalah yang pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD berbantuan CD pembelajaran pada materi pokok persamaan garis lurus mencapai KKM yaitu 65. Selain itu juga untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan CD pembelajaran lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Boja tahun ajaran 2011/2012. Secara random sampling, sampel dalam penelitian ini terpilih kelas VIII D sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan bantuan software SPSS 16. Berdasarkan uji proporsi pihak kiri diperoleh

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran STAD, hasil belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 May 2012 01:41
Last Modified: 25 May 2012 01:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12419

Actions (login required)

View Item View Item