pengaruh kepercayaan diri dan kecemasan berbicara di depan kelas terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Ambarawa dalam pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantuan CD pembelajaran pada materi pokok segitiga.

Dewi.Ambarsari, 4101407051 (2011) pengaruh kepercayaan diri dan kecemasan berbicara di depan kelas terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Ambarawa dalam pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantuan CD pembelajaran pada materi pokok segitiga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (pengaruh kepercayaan diri dan kecemasan berbicara di depan kelas terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Ambarawa dalam pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantuan CD pembelajaran pada materi pokok segitiga.) - Published Version
Download (892Kb)

    Abstract

    pembelajaran, pemahaman konsep, segitiga. Pembelajaran yang kurang melibatkan peserta didik merupakan salah satu penyebab kurangnya pencapaian kemampuan pemahaman konsep peserta didik secara maksimal. Untuk dapat melibatkan peserta didik secara maksimal dalam pembelajaran diperlukan model pembelajaran kooperatif. Salah satu diantaranya model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI). Penggunakan CD pembelajaran sebagai media pembelajaran diharapkan dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri dalam pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan CD pembelajaran terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Ambarawa pada materi pokok segitiga, pengaruh kecemasan berbicara di depan kelas dalam pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan CD pembelajaran terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Ambarawa pada materi pokok segitiga dan pengaruh kepercayaan diri dan kecemasan berbicara di depan kelas dalam pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan CD pembelajaran terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Ambarawa pada materi pokok segitiga. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP 1 Ambarawa sebanyak 233 peserta didik. Sampel penelitian ini di peroleh Dengan teknik random sampling, diperoleh satu kelompok sampel yang terdiri dari 32 peserta didik. Variabel bebas adalah kepercayaan diri dan kecemasan berbicara di depan kelas dan variable terikat adalah pemahaman konsep. Berdasarkan hasil penelitian terhadap kepercayaan diri diperoleh koefisien korelasi sederhana r = 0,485134 dan koefisien determinasi artinya besarnya hubungan kepercayaan diri terhadap pemahaman konsep adalah 23,5355%, ini berarti bahwa meningkat atau menurunnya pemahaman konsep 23,5355% dipengaruhi oleh kepercayaan diri. Sedangkan, penelitian terhadap kecemasan berbicara di depan kelas diperoleh koefisien korelasi sederhana r = 0,0.514318 dan koefisien determinasi artinya besarnya hubungan kecemasan berbicara di depan kelas terhadap pemahaman konsep adalah 26,4523%, ini berarti bahwa meningkat atau menurunnya pemahaman konsep 26,4523% dipengaruhi oleh Kecemasan Berbicara di depan kelas. Setelah diuji keberartiannya dengan uji F persamaan regresi tersebut berarti. Pada penentuan koefisien korelasi ganda diperoleh R = 0,62 dan diuji keberartiannya dengan uji F koefisien korelasi ganda berarti, artinya kepercayaan diri dan kecemasan berbicara di depan kelas secara bersama-sama dalam model pembelajaran kooperatif tipe GI pada materi segietiga berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik dan besar pengaruhnya adalah 62 %.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif, GI, CD
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: UNSPECIFIED
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 24 May 2012 03:46
    Last Modified: 24 May 2012 03:46

    Actions (login required)

    View Item