Kepercayaan Pedagang Terhadap “Wong Pinter” Dalam Menunjang Usaha Dagang di Pasar Bintoro Demak.


Apita Fikri.Indrasuari, 3501407008 (2012) Kepercayaan Pedagang Terhadap “Wong Pinter” Dalam Menunjang Usaha Dagang di Pasar Bintoro Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kepercayaan Pedagang Terhadap “Wong Pinter” Dalam Menunjang Usaha Dagang di Pasar Bintoro Demak.]
Preview
PDF (Kepercayaan Pedagang Terhadap “Wong Pinter” Dalam Menunjang Usaha Dagang di Pasar Bintoro Demak.) - Published Version
Download (100kB) | Preview

Abstract

Di Kabupaten Demak terdapat sebagian masyarakat khususnya para pedagang yang mempercayai wong pinter. Dalam menjalankan usaha dagangnya para pedagang sering kali meminta restu kepada wong pinter, karena kepercayaan pada wong pinter dianggap tidak sesuai dengan ajaran Islam. Berdasarkan fenomena tersebut dapat dimunculkan masalah: (1) Bagaimana kepercayaan pedagang di pasar Bintoro Demak pada wong pinter?; (2) Bagaiman peranan Wong Pinter dalam menunjang usaha dagang di pasar Bintoro Demak? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek dari penelitian ini adalah kepercayaan pedagang terhadap wong pinter sebagai penunjang usaha dagang dan subjek penelitiannya adalah para pedagang yang mempercayai wong pinter dan menggunakan jasa wong pinter beserta pedagang yang tidak mempercayai wong pinter. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah (1) Pedagang memiliki kepercayaan pada wong pinter, karena dalam ritual prakteknya wong pinter menggunakan ritus yang dianggap masyarakat tidak menyimpang dari ajaran Islam. Kepercayaan pedagang terhadap wong pinter karena dipengaruhi oleh warisan budaya. Wong pinter yang terdapat di Demak adalah tokoh spiritual Islam yang dianggap dapat membantu seseorang untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang menurut mereka tidak menyimpang dari agama Islam. (2) Para pedagang terutama pedagang di Pasar Bintoro Demak yang sebagian besar pedagang merupakan orang Jawa yang masih mempercayai hal-hal gaib yang masih bercampur dengan adat istiadat lokal. Peranan wong pinter bagi mayarakat kota Demak, salah satunya adalah wong pinter dianggap mampu membantu masyarakat dalam segala hal. Wong pinter diyakini mampu memberikan arahan dalam menyelesaikan masalah hidup. Pada pedagang wong pinter berperan sebagai konsultan yang dapat memberikan sugesti, kekuatan serta motifasi dalam usaha dagang. Terdapat mitos bahwa dalam mencapai keberhasilan itu bagi pedagang, sering sekali meminta bantuan dan berkonsultasi pada wong pinter lebih dianggap bisa membantu karena ritualnya menggunakan ritus Islam dibandingkan dengan menggunakan hal-hal yang bersifat gaib.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Pedagang, Wong Pinter, Penunjang Usaha Dagang.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 May 2012 02:40
Last Modified: 24 May 2012 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12398

Actions (login required)

View Item View Item