Pembinaan Kompetensi Sosial Guru PKn Pasca Sertifikasi di Kota Semarang


Ranja Dwi Intani., 3401408070 (2012) Pembinaan Kompetensi Sosial Guru PKn Pasca Sertifikasi di Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembinaan Kompetensi Sosial Guru PKn Pasca Sertifikasi di Kota Semarang]
Preview
PDF (Pembinaan Kompetensi Sosial Guru PKn Pasca Sertifikasi di Kota Semarang) - Published Version
Download (67kB) | Preview

Abstract

Pembinaan Kompetensi Sosial Guru PKn didasarkan dari Peraturan Menteri No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, bahwa setiap guru wajib memenuhi standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru yang berlaku secara nasional. Untuk merealisasikan hal tersebut Dinas Pendidikan Kota Semarang mengadakan Pembinaan Kompetensi Sosial Guru PKn Pasca Sertifikasi yang dilatar belakangi masih rendahnya sikap seorang guru dalam hal berinteraksi/ berkomunikasi dengan masyarakat diluar sekolah, tidak mencerminkan sikap seorang guru PKn dengan tutur katanya yang kurang etis, dalam hal berpenampilan dilingkungan sekolah terlihat mewah, kurang mampu menampilkan perbuatan yang sesuai dengan keadaan disekitar tempat kerjanya, kurang mampu dalam membuat suatu inovasi untuk kegiatan pembelajarannya dan tidak memberikan contoh yang baik terhadap peserta didiknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kondisi kompetensi sosial guru PKn pasca sertifikasi di Kota Semarang dan 2) Bagaimana pembinaan kompetensi sosial guru PKn pasca sertifikasi di Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kompetensi sosial guru PKn pasca sertifikasi di Kota Semarang dan 2) Untuk merumuskan pembinaan yang tepat dalam meningkatkan kompetensi sosial guru PKn pasca sertifikasi di kota Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PKn SMP, SMA, SMK negeri dan swasta yang lolos sertifikasi di Kota Semarang yang berjumlah 187 orang dengan sampel 37 orang. Variabel dari penelitian ini, yaitu keadaan kompetensi sosial guru PKn pasca sertifikasi di Kota Semarang dan pembinaan kompetensi sosial guru PKn pasca sertifikasi di Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah guru PKn di Kota Semarang mencapai 550 orang dengan jumlah guru PKn yang tersertifikasi sebanyak 187 orang atau 34%, jumlah ini lebih kecil jika dibandingkan dengan jumlah guru PKn yang belum sertifikasi yaitu mencapai 363 orang atau 66%. Keadaan secara umum kompetensi sosial guru PKn di Kota Semarang sudah baik, dan kompetensi sosial yang paling tinggi tingkat penguasaannya yaitu poin 1.2 yaitu : tidak bersikap diskriminatif terhadap peserta didik, teman sejawat, orang tua peserta didik dan lingkungan sekolah karena perbedaan agama, suku, jenis kelamin, latar belakang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembinaan, kompetensi sosial, sertifikasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 May 2012 02:17
Last Modified: 24 May 2012 02:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12396

Actions (login required)

View Item View Item