Pengaruh Persepsi Terhadap Partisipasi Mahasiswa Pendidikan Geografi Dalam Program Universitas Negeri Semarang Sebagai Universitas Konservasi


Yuli Muningah, 3201407024 (2011) Pengaruh Persepsi Terhadap Partisipasi Mahasiswa Pendidikan Geografi Dalam Program Universitas Negeri Semarang Sebagai Universitas Konservasi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Persepsi Terhadap Partisipasi Mahasiswa Pendidikan Geografi Dalam Program Universitas Negeri Semarang Sebagai Universitas Konservasi]
Preview
PDF (Pengaruh Persepsi Terhadap Partisipasi Mahasiswa Pendidikan Geografi Dalam Program Universitas Negeri Semarang Sebagai Universitas Konservasi) - Published Version
Download (28kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Semarang sebagai perguruan tinggi yang mengusung Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai Universitas Konservasi dengan mengeluarkan peraturan rektor Unnes Nomor 22 Tahun 2009 dan resmi dideklarasikan pada tanggal 12 Maret 2010. Untuk mewujudkan program UNNES sebagai Universitas Konservasi harus didukung pula oleh semua elemen kampus baik itu mahasiswa, dosen, dan karyawan. Berhubungan dengan hal tersebut penulis ingin meneliti tentang pengaruh persepsi terhadap partisipasi mahasiswa Pendidikan Geografi dalam program UNNES sebagai Universitas Konservasi. Populasinya adalah mahasiswa Pendidikan Geografi angkatan 2007 s/d 2010 Jurusan Georafi. Jumlah 384 mahasiswa, karena populasinya > 100 maka metode pengambilan sampelnya menggunakan stratified dan proposional random sampling yaitu sejumlah 196 mahasiswa. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu (X) persepsi meliputi pengetahuan, pengharapan dan evaluasi mahasiswa pendidikan geografi terhadap program UNNES sebagai Universitas konservasi. Sedangkan variabel terikatnya adalah (Y) partisipasi meliputi tahap pelaksanaan mahasiawa pendidikan geografi terhadap program UNNES sebagai Universitas konservasi. Metode pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan datanya menggunakan angket. Sedangkan tekhnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mendeskripsikan pengaruh persepsi terhadap partisipasi mahasiswa pendidikan Geografi dalam program UNNES sebagai Universitas konservasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaan program Universitas konservasi, 6 program (70%) telah terlaksana dengan baik meskipun belum sepenuhnya. (X) Tingkat persepsi mahasiswa pendidikan Geografi dalam program UNNES sebagai Universitas Konservasi dibagi menjadi 3 yaitu, pengetahuan, pengharapan dan evaluasi. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa secara keseluruhan tingkat persepsi mahasiswa pendidikan Geografi dalam program UNNES sebagai Universitas konservasi masuk dalam kategori tinggi (77,23%). (Y) Tingkat partisipasi mahasiswa pendidikan Geografi dalam program UNNES sebagai Universitas konservasi dibagi dalam 1 tahap yaitu tahap pelaksanaan. Dari hasil penelitian tingkat partisipasi mahasiswa pendidikan Geografi dalam tahap pelaksanaan masuk dalam kategori tinggi (67,92%). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasaan dari hasil analisis regresi bahwa persepsi berpengaruh signifikan terhadap partisipasi mahasiswa pendidikan Geografi dalam program UNNES sebagai Universitas konservasi. Besarnya pengaruh persepsi terhadap partisipasi mahasiswa pendidikan geografi adalah 28%. Berdasarkan hasil analisis uji perbedaan tingkat persepsi dan tingkat partisipasi mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan terhadap program UNNES sebagai Universitas konservasi tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara persepsi mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: pada variabel (X) persepsi mahasiswa pendidikan geografi dalam program UNNES sebagai Universitas konservasi dalam kategori baik. Pada variabel (Y) partisipasi mahasiswa pendidikan geografi dalam program UNNES sebagai universitas konservasi dalam kategori tinggi. Serta tidak adanya perbedaan antara persepsi dan partisipasi mahasiswa laki-laki dan perempuan dalam program UNNES sebagai Universitas konservasi Saran yang diajukan adalah adanya sosialisasi dan action terkait dengan kegiatan program konservasi yang dilaksanakan oleh UNNES oleh pihak kampus untuk senantiasa memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang, visi, misi dan tujuan dari program Universitas konservasi serta dukungan dari seluruh civitas akademik untuk memperlancar program UNNES sebagai Universitas konservasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Persepsi,Partisipasi Mahasiswa,Pendidikan Geografi Universitas Konservasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 May 2012 04:15
Last Modified: 23 May 2012 04:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12379

Actions (login required)

View Item View Item