Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis onstruktivisme Sebagai Sumber Belajar Geografi (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus)


Andhy Putra.Styawan, 3201407006 (2011) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis onstruktivisme Sebagai Sumber Belajar Geografi (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Konstruktivisme Sebagai Sumber Belajar Geografi (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus)]
Preview
PDF (Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Konstruktivisme Sebagai Sumber Belajar Geografi (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus)) - Published Version
Download (120kB) | Preview

Abstract

Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu bentuk sumber belajar yang sering digunakan dalam pembelajaran Geografi. LKS yang digunakan guru dalam pembelajaran Geografi masih menggunakan LKS konvensional dengan kandungan materi yang sangat minim, selain itu juga belum dapat mengembangkan aktivitas siswa secara maksimal. LKS berbasis konstruktivisme merupakan pilihan yang tepat untuk pelajaran Geografi karena member peluang besar kepada siswa untuk belajar lebih inovatif sesuai dengan potensi yang dimilikinya dan diharapkan dapat menggantikan LKS konvensional. Permasalahan penelitian ini (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan LKS berbasis konstruktivisme? (2) Apakah ada perbedaan aktivitas belajar antara siswa yang menggunakan dan yang tidak menggunakan LKS berbasis konstruktivisme? (2) Apakah ada perbedaan keterampilan proses antara siswa yang menggunakan dan yang tidak menggunakan LKS berbasis konstruktivisme? (2) Apakah ada perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang menggunakan dan yang tidak menggunakan LKS berbasis konstruktivisme? (3) Bagaimana hambatan dalam pembelajaran?. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan LKS berbasis konstruktivisme. (2) Mengetahui perbedaan aktivitas belajar siswa. (3) Mengetahui perbedaan keterampilan proses siswa. (4) Mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa. (5) Mengetahui hambatan dalam pembelajaran. Populasi penelitian siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mejobo Kudus. Penentuan sampel dengan teknik Purposive Sampling diperoleh kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3. Variabel penelitian (1) Pelaksanaan pembelajaran. (2) Aktivitas belajar siswa. (3) Keterampilan proses siswa. (4) Hasil belajar kognitif siswa. (5) Hambatan atau kendala dalam pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji perbedaan dua rata-rata (uji t). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas belajar kelas eksperimen 78,67 dan kelas kontrol sebesar 74,43, sedangkan hasil uji perbedaan dua rata-rata (uji t) diperoleh nilai Sig.(2-tailed) pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 0,01. Rata-rata keterampilan proses kelas eksperimen sebesar 71,47 dan kelas kontrol 65,06, pada hasil uji perbedaan dua rata-rata (uji t) diperoleh nilai Sig.(2-tailed) pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 0,02. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen adalah 67,41 dan kelas kontrol sebesar 63,12, dan pada hasil uji perbedaan dua rata-rata (uji t) diperoleh nilai Sig.(2-tailed) pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 0,03. Kendala selama menggunakan LKS berbasis konstruktivisme adalah 41% siswa menyatakan akan terjadi pembelajaran yang membosankan apabila tidak dipadukan dengan media lain, 31% siswa menyatakan soal-soal dalam LKS cenderung monoton, dan 28% siswa mengalami kesulitan dalam mencermati isi LKS karena cetakannya hitam putih. Simpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan dalam aktivitas belajar, keterampilan proses, maupun dalam hasil belajar kognitif antara siswa yang menggunakan dan yang tidak menggunakan LKS berbasis konstruktivisme. Selama pembelajaran menggunakan LKS berbasis konstruktivisme terdapat beberapa kendala. Saran kepada siswa agar diharapkan lebih mningkatkan keaktifannya selama pembelajaran; bagi guru disarankan mengembangkan sendiri LKS khususnya yang berbasis konstruktivisme guna meningkatkan aktivitas belajar, keterampilan proses, dan hasil belajar kognitif siswa; kepada pihak sekolah dapat memfasilitasi guru dalam mengembangkan sendiri LKS yang akan digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Konstruktivisme, Sumber Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 May 2012 03:41
Last Modified: 23 May 2012 03:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12374

Actions (login required)

View Item View Item