Model Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMA 2 Kudus.

Achmad Syaiful.Annas, 3101408067 (2012) Model Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMA 2 Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Model Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMA 2 Kudus.) - Published Version
Download (10Kb)

    Abstract

    Pendidikan karakter merupakan keharusan yang harus diterapkan melihat kondisi disintegrasi bangsa kita yang semakin merebak, membuat harus segera dilakukan langkah preventif sejak dini, terutama dilingkungan sekolah. Sebagaimana yang dianjurkan oleh pemerintah, dalam hal ini Kementrian Pendidikan Nasional mengenai Pengelolaan Pendidikan Karakter. Pemerintah mengharapkan lingkungan sekolah sebagai bagian terpenting dalam pendidikan karakter. Pada bagian proses pembelajaran diharapkan dapat terlaksana sebaik mungkin untuk menjadi garda terdepan dalam pendidikan karakter. Pada kenyataanya, implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran masih terdapat banyak kebingungan bagi para guru. Sebagaimana yang terjadi dari hasil observasi peneliti di SMA 2 Kudus, bahwa belum ada contoh yang memadai untuk memahami bagaimana mengimplementasi pendidikan karakter secara baik. Maka berpijak dari hal tersebut peneliti mencoba mengembangkan model implementasi pendidikan karakater dalam pembelajaran sejarah di Kelas XI IPS SMA 2 Kudus. Yang diharapkan hasil pengembangan ini nantinya dapat menjadi contoh yang tepat dan dinamis bagi model implementasi pendidikan karakter. Model implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA 2 Kudus, peneliti fokuskan pada pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran, modul, dan evaluasi. Pada RPP pengembangan dilakukan pada mensistematiskan karakter yang ingin dicapai dengan proses pelaksanaan pembelajaran yang direncanakan. Pada modul, pengembanganya dilakukan pada perluasan materi dengan pemakaian bahasa yang lebih interakrif, serta pemberian panduan reflekasi agar siswa dapat memahami cara mengambil makna dari peristiwa sejarah. Terakhir pada evaluasi, yakni pengembangan pada penambahan bentuk soal afektif tertulis sebagai bentuk baru dalam mengukur pemahaman siswa terhadap kandungan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran sejarah. Penelitian pengembangan ini menghasilkan (1) hasil uji coba produk menunjukkan nilai baik dalam rancangan awal model implementasi pendidikan karakter. (2) hasil tes kogniti menunjukkan peningkatan yang signifikan, dan nilai afektif tercatat rata-rata baik. (3) Hasil keterterapan model juga menunjukkan nilai sangat baik. (4) Serta efektifitas model implementasi bari menunjukkan nilai lebih tinggi (81.50% > 56.00%). Sehingga secara keseluruhan hasil penilaian untuk pengembangan model implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di kelas IX IPS SMA 2 Kudus efektif di implementasikan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sejarah, Perangkat Pembelajaran
    Subjects: L Education > LA History of education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 22 May 2012 20:41
    Last Modified: 22 May 2012 20:41

    Actions (login required)

    View Item