Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sejarah dengan Metode Diskusi Terbimbing dalam Pokok Bahasan Perserikatan Bangsa-Bangsa Pada Siswa Kelas VI SD Margosari Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang Tahun Pelajaran 2005 / 2006


Tri Mulyani, 3101404533 (2006) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sejarah dengan Metode Diskusi Terbimbing dalam Pokok Bahasan Perserikatan Bangsa-Bangsa Pada Siswa Kelas VI SD Margosari Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang Tahun Pelajaran 2005 / 2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sejarah dengan Metode Diskusi Terbimbing dalam Pokok Bahasan Perserikatan Bangsa-Bangsa Pada Siswa Kelas VI SD Margosari Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang Tahun Pelajaran 2005 / 2006]
Preview
PDF (Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sejarah dengan Metode Diskusi Terbimbing dalam Pokok Bahasan Perserikatan Bangsa-Bangsa Pada Siswa Kelas VI SD Margosari Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang Tahun Pelajaran 2005 / 2006) - Published Version
Download (209kB) | Preview

Abstract

Dalam rangka meningkatkan hasil pembelajaran sejarah kiranya diperlukan penggunaan metode diskusi yang dibimbing langsung oleh guru secara lebih mendalam. Sebab dengan diskusi akan diperoleh pemahaman yang mendalam serta kejadian-kejadian yang lebih luas lagi. Bahkan nilai-nilai apa yang dapat dipetik oleh para siswa dalam peristiwa tersebut juga dicapai dengan baik. Sebab belajar sejarah pada hakekatnya adalah belajar dari pengalaman masa lampau untuk kepentingan sekarang. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimana hasil belajar IPS Sejarah siswa kelas VI SD Margosari pada pokok bahasan Perserikatan Bangsa-Bangsa Kecamatan Semarang Barat tahun pelajaran 2005 / 2006, bagaimana prosedur pelaksanan pembelajaran metode diskusi terbimbing dapat secara efektif meningkatkan hasil belajar IPS Sejarah dalam pokok. Permasalahan di atas, tujuan penelitian ini adalah :Untuk menjelaskan upaya peningkatan hasil belajar IPS Sejarah dalam pokok bahasan Perserikatan Bangsa- Bangsa melalui metode diskusi terbimbing pada Siswa Kelas VI SD Margosari Kecamatan Semarang Barat tahun pelajaran 2005/2006, Untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode diskusi terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar IPS Sejarah dalam pokok bahasan Perserikatan Bangsa – Bangsa pada siswa kelas VI SD Margosari Kecamatan Semarang Barat tahun pelajaran 2005/2006 Penelitian ini dilaksanakan dengan prosedur sebagai berikut Subyek yang digunakan seluruh siswa kelas VI SD Margosari berjumlah 39 siswa, Subyek penelitian dikenai tiga tahap yaitu :tahap awal, sebelum dikenai metode diskusi terbimbing (metode ceramah), dilakukan tes awal untuk mengetahui hasil belajar, tahap kedua, pada tahap ini dalam proses belajar mengajar digunakan metode, diskusi tetapi belum sempurna, setelah itu dilakukan tes tahap kedua, Tahap ketiga, pada tahap ini menggunakan metode diskusi terbimbing, selesai proses belajar mengajar dilakukan post test, Pengamatan perilaku dan keaktifan siswa saat melaksanakan diskusi terbimbing. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS Sejarah siswa kelas VI SD Margosari pada pokok bahasan Perserikatan Bangsa-Bangsa Kecamatan Semarang Barat menunjukkan hasil yang cukup baik, yaitu sebesar 81. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar yang semula di bawah angka ketuntasan, dapat meningkat bahkan melebihi angka ketuntasan sebesar 81, 17. vii Hambatan yang ditemui dalam penelitian ini adalah anak belum memiliki konsep dasar penguasaan materi yang akan dibahas, anak belum memiliki keberanian berbicara. Saran yang diajukan dari hasil penelitian ini adalah : perlunya guru membentuk kelompok belajar pada siswa, sehingga siswa dapat belajar diskusi antar teman yang dapat menciptakan kreatifitas siswa dalam meningkatkan pemahaman dalam diskusi, Disarankan pula adanya penelitian lebih lanjut dalam penggunaan metode diskusi terbimbing agar hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi, sehingga penggunaan metode diskusi terbimbing benar-benar memiliki manfaat bagi siswa dan guru. Disarankan pula kepada para peneliti bidang pendidikan hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan perbandingan atau masukan untuk melakukan penelitian yang lebih luas. Masalah itu mungkin dapat dijadikan bahan penelitian yang mendalam praktis dan aplikatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS Sejarah, Metode Diskusi
Subjects: D History General and Old World > DS Asia
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Apr 2011 03:03
Last Modified: 25 Apr 2015 04:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1235

Actions (login required)

View Item View Item