Pemanfaatan Peta Sejarah Sebagai Sumber Belajar Sejarah terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Perkembangan Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia Pada Kelas VII SMP Negeri 2 Boja Kendal


Arif Wahyu Hidayat, 3101407038 (2012) Pemanfaatan Peta Sejarah Sebagai Sumber Belajar Sejarah terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Perkembangan Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia Pada Kelas VII SMP Negeri 2 Boja Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemanfaatan Peta Sejarah Sebagai Sumber Belajar Sejarah terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Perkembangan Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia Pada Kelas VII SMP Negeri 2 Boja Kendal]
Preview
Microsoft Word (Pemanfaatan Peta Sejarah Sebagai Sumber Belajar Sejarah terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Perkembangan Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia Pada Kelas VII SMP Negeri 2 Boja Kendal) - Published Version
Download (182kB) | Preview
[thumbnail of Pemanfaatan Peta Sejarah Sebagai Sumber Belajar Sejarah terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Perkembangan Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia Pada Kelas VII SMP Negeri 2 Boja Kendal] Microsoft Word (Pemanfaatan Peta Sejarah Sebagai Sumber Belajar Sejarah terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Perkembangan Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia Pada Kelas VII SMP Negeri 2 Boja Kendal) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Hasil belajar dapat berjalan dengan baik jika didukung oleh beberapa faktor diantaranya pemilihan media yang tepat.Dalam proses belajar mengajar kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting. Karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Pembelajaran sejarah di SMP Negeri 2 Boja pada kelas VII masih belum maksimal. Guru masih belum maksimal dalam menggunakan media pembelajaran peta terutama peta sejarah. Peta yang digunakan oleh guru sejarah adalah peta umum geografi bukan peta sejarah. Sehingga daya imajinasi siswauntuk menginterpretasikan keadaan geografis terutama pada materi perkembangan Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia tersebut akan lebih sulit jika dibandingkan dengan menggunakan peta sejarah.Hal ini tentu berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan dalam pemanfaatan sumber belajar agar pembelajaran dapat berjalan lancar dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah“bagaimanakah pemanfaatan peta sejarah terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Boja kelas VII dalam pembelajaran sejarah”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfatan peta sejarah dalam meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS sejarah kelas VII di SMP N 2 Boja Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Variabel yang diteliti yaitu pemanfaatan peta sejarah sebagai variabel bebas dan hasilbelajar sebagai variabel terikat. Data diperoleh dengan tes hasil belajar.Data dianalisis dengan analis data pre test dan post tes yang meliputi uji homogenitas, uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata, uji ketuntasan hasil belajar. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata pre test untuk kelompok kontrol sebesar 66,67 dan untuk kelompok eksperimen sebesar 66,41. Setelah dilakukan post test nilai rata-rata untuk kelompok kontrol adalah 72,27 dan untuk kelompok ekspeimen sebesar 77,97. Berdasarkan hasil persentase peningkatan hasil belajarpembelajaran kelompok kontrol sebelum dan sesudah perlakuan diperoleh % 72,73% dan kelompok eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan diperoleh % 87,5%. Dengan demikian, kelompok eksperimen lebih meningkat 17,4% dari pada kelompok kontrol, sehingga dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa kelompok yang menggunakan peta sejarah lebih baik daripada kelompok yang tidak menggunakan peta sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peta Sejarah, Sumber Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 May 2012 07:44
Last Modified: 22 May 2012 07:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12344

Actions (login required)

View Item View Item