Studi Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Active Debate dan Think Pair and Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IPS Di SMA Negeri 1 Ambarawa Tahun Ajaran 2011/2012
Aji Setyo Sambodo., 3101407036 (2012) Studi Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Active Debate dan Think Pair and Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IPS Di SMA Negeri 1 Ambarawa Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Studi Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Active Debate dan Think Pair and Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IPS Di SMA Negeri 1 Ambarawa Tahun Ajaran 2011/2012)
- Published Version
Download (132kB) | Preview |
Abstract
Hasil observasi di kelas XII SMA Negeri 1 Ambarawa menunjukan bahwa proses pembelajaran sejarah kurang memanfatkan model pembelajaran yang telah ada sehingga hasil belajar masih belum mencapai yang diharapkan. Pemanfaatan model pembelajaran sejarah dalam penelitian ini adalah dengan memanfaatkan model pembelajaran kooperatif tipe active debate dan think pair and share. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana hasil belajar sejarah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Ambarawa dengan melalui model pembelajaran kooperatif tipe active debate (2) bagaimana hasil belajar sejarah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Ambarawa dengan melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share? (3) bagaimana perbedaan hasil belajar sejarah antara siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Ambarawa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe active debate dan melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pemanfaatan model pembelajaran kooperatif tipe active debate dan think pair and share terhadap peningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ambarawa tahun pelajaran 2011/201. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat memberikan informasi dan masukan tentang pentingnya pemanfaatan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Eksperimen dengan desain Randomized pre test- post test , yaitu ada perbedaan perlakuan antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 agar dapat dilihat perbedaannya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Ambarawa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 sebagai kelas Eksperimen 1 dan siswa kelas XII IPS 3 adalah kelas Eksperimen 2. Perbedaan hasil belajar yang lebih baik ditunjukan pada kelas eksperimen 1, yaitu nilai rata-rata hasil post tes kelas eksperimen 1 sebesar 85,33 sedangkan rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 81,73. Dari hasil uji-t didapatkan thitung = 1,800 > ttabel = 1,67 yang berarti kedua kelas tersebut ada perbedaan signifikan, yaitu hasil belajar kelas eksperimen 1 lebih baik dari pada hasil belajar kelas eksperimen 2. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui pemanfaatkan model pembelajaran kooperatif tipe active debate sebagai metode pembelajaran sejarah dengan materi G 30 S lebih efektif dibandingkan pembelajaran sejarah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran kooperatif, Active Debate, Think Pair and Share, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 22 May 2012 07:26 |
Last Modified: | 22 May 2012 07:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12343 |
Actions (login required)
View Item |