Penggunaan Model Pembelajaran Kontruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Sejarah Kelas VIII MTS Negeri Lasem Kabupaten Rembang Tahun 2011/2012
Farid Abidin.Ramandhita, 3101407029 (2012) Penggunaan Model Pembelajaran Kontruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Sejarah Kelas VIII MTS Negeri Lasem Kabupaten Rembang Tahun 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Penggunaan Model Pembelajaran Kontruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Sejarah Kelas VIII MTS Negeri Lasem Kabupaten Rembang Tahun 2011/2012)
- Published Version
Download (108kB) | Preview |
Abstract
belajar dapat berjalan dengan baik jika didukung oleh beberapa faktor diantaranya pemahaman materi. Untuk dapat mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS sejarah kelas VIII F MTs Negeri Lasem Tahun Pelajaran 2011/2012 maka diperlukan penelitian lebih lanjut. Pelaksanaan pembelajaran Sejarah di kelas VIII F MTs Negeri Lasem kurang maksimal. Siswa kurang aktif dalam pelaksanaan pembelajaran dan masih didominasi oleh guru. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal masih rendah dan belum mencapai ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian adalah: Apakah melalui model pembelajaran kontruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS Sejarah siswa kelas VIII F MTS Negeri Lasem Kabupaten Rembang?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui hasil belajar sejarah siswa kelas VIII F MTs Negeri Lasem dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat memberikan informasi mengenai pentingnya penggunaan model pembelajaran konstruktivisme dalam metode pembelajaran sejarah dalam meningkatkan hasil belajar sejarah siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII F MTs Negeri Lasem yang berjumlah 26 orang siswa. Data tentang hasil belajar diperoleh dari tes evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus. Data tentang keaktifan siswa dan kinerja guru diperoleh dari lembar observasi. Siswa dinyatakan tuntas belajar apabila nilai tes mata pelajaran sejarah ≥65, dengan persentase ketuntasan klasikal belajar ≥ 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar kelas VIII F MTs Negeri Lasem tahun ajaran 2011/2012. Siklus I keaktifan siswa mencapai 55% dengan kategori cukup aktif dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 75% dengan kategori aktif. Sedangkan, sebelum penelitian nilai rata-rata kelas hanya sebesar 63,62 dengan ketuntasan klasikal sebesar 57,69%. Siklus I nilai rata-rata mencapai 69,23 dengan ketuntasan klasikal 65,38%. Selanjutnya, siklus II nilai rata-rata juga mengalami peningkatan 71,92 dengan ketuntasan klasikal mencapai 80,77%. Pada siklus II terjadi peningkatan dan sudah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ketuntasan belajar klasikal 75%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa guru sejarah, hendaknya lebih memotivasi siswa dalam meningkatkan keaktifan serta menerapkan model-model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Konstruktivisme, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 22 May 2012 07:23 |
Last Modified: | 22 May 2012 07:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12342 |
Actions (login required)
View Item |