Kualitas dan Output sebagai Evaluasi Program Pembelajaran IPS pada kelas VII SMP Negeri se-Ungaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.


Zaenal.Mutaqin, 3101407022 (2011) Kualitas dan Output sebagai Evaluasi Program Pembelajaran IPS pada kelas VII SMP Negeri se-Ungaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kualitas dan Output sebagai Evaluasi Program Pembelajaran IPS pada kelas VII SMP Negeri se-Ungaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.]
Preview
PDF (Kualitas dan Output sebagai Evaluasi Program Pembelajaran IPS pada kelas VII SMP Negeri se-Ungaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.) - Published Version
Download (124kB) | Preview

Abstract

Pengalaman peneliti disaat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan pengamatan di SMP Negeri 3 Ungaran yang peneliti lakukan sebagai studi pendahuluan menunjukan bahwa guru pengampu IPS sendiri tidak mengetahui indikator kualitas pembelajaran IPS. Pada akhirnya pembelajaranpun berjalan seadanya. Siswa yang peneliti temui hampir keseluruhan mengatakan tidak menikmati dan cenderung tidak menyukai pembelajaran IPS. Siswa menyatakan pembelajaran IPS dengan guru pengampu membosankan, membuat ngantuk, tidak menarik dan monoton. Sedangkan berbanding terbalik, ketika pembelajaran bersama mahasiswa praktikan suasana menjadi berbeda dan terkesan lebih hidup, siswapun atraktif, penasaran dan aktif dalam pembelajaran (iklim kelas kondusif). Berdasarkan hal tersebut perlu adanya evaluasi program pembelajaran yaitu evaluasi terhadap kualitas pembelajaran dan output pembelajaran, agar terwujudnya pembelajaran yang lebih berkualitas. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1. bagaimana kualitas pembelajaran IPS di SMPN Ungaran?, yaitu berdasarkan kinerja guru, fasilitas pembelajaran, iklim kelas, sikap dan motivasi belajar siswa, 2. Bagaimana output pembelajaran IPS di SMPN Ungaran?, yaitu berupa kecakapan akademik (academic skill), kecakapan personal (personal skill), dan kecakapan sosial (social skill). Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Mengetahui penilaian kualitas pembelajaran IPS di SMPN se-Ungaran. 2. Mengetahui penilaian output pembelajaran IPS di SMPN se- Ungaran. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program, dalam hal ini adalah program pembelajaran. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket (kuesioner), wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk menemukan rerata dari tiap-tiap komponen kualitas dan output pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah; 1. kualitas pembelajaran IPS kelas VII SMPN se- Ungaran Kabupaten Semarang memperoleh skor 3,53, yang mana skor tersebut tergolong dalam kategori “baik”. 2. output pembelajaran memperoleh skor 3,04, yang mana skor tersebut tergolong dalam kategori “cukup”. 3. Keseluruhan evaluasi program pembelajaran IPS SMPN se-Ungaran Kabupaten Semarang adalah berupa rerata antara dua komponen; kualitas pembelajaran (3,53) dan komponen output pembelajaran (3,04) sehingga diperoleh skor 3,29 (cukup), artinya program pembelajaran IPS yang berjalan di kelas VII Tahun Ajaran 2010-2011 memperoleh nilai “cukup”. Perlu adanya perhatian lebih dan perbaikan dari guru IPS terutama dalam hal kualitas pembelajaran yaitu berupa iklim kelas dan penggunaan strategi pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran serta usaha agar output pembelajaran berupa kecakapan akademik yang notabene masih “kurang” (2,00) dapat ditingkatkan. Pihak sekolah perlu memperhatikan aspek media pembelajaran IPS di dalam kelas yang tergolong kurang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi program pembelajaran, kualitas pembelajaran, output pembelajaran
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 May 2012 04:22
Last Modified: 22 May 2012 04:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12340

Actions (login required)

View Item View Item