Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking (catatan terbimbing) Dalam Proses Belajar Mengajar Sejarah Di Kelas X4 SMA N 1 Randublatung Blora Tahun Ajaran 2011/2012.

Widi Nur.Cahyono, 3101406569 (2012) Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking (catatan terbimbing) Dalam Proses Belajar Mengajar Sejarah Di Kelas X4 SMA N 1 Randublatung Blora Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking (catatan terbimbing) Dalam Proses Belajar Mengajar Sejarah Di Kelas X4 SMA N 1 Randublatung Blora Tahun Ajaran 2011/2012.) - Published Version
Download (13Kb)

    Abstract

    Kelas X4 adalah kelas yang paling bermasalah dalam kegiatan belajar mengajar mata pelajaran sejarah. Hal ini dibuktikan dari hasil ulangan siswa kelas X4 tahun ajaran 2011/2012. Berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 60 yang telah ditetapkan dari pihak sekolah, ketuntasan klasikal dari kelas X4 sebanyak 40 siswa. Berdasarkan data tersebut diketahui bahwa 26 siswa tidak memenuhi ketuntasan hasil belajar siswa. Penyebabnya adalah banyak siswa yang hanya diam dan mendengarkan penjelasan dari guru saja saat kegiatan pembelajaran. Hal tersebut merupakan salah satu penyebab kurang maksimalnya prestasi belajar siswa, untuk itu kondisi tersebut perlu segera dicarikan solusi penyelesaiannya agar prestasi belajar siswa dapat meningkat. Menanggapi permasalahan tersebut maka perlu dilaksanakan model pembelajaran Guided Note Taking (catatan terbimbing). Model pembelajaran tersebut diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Randublatung Blora. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Guided Note Taking (catatan terbimbing) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X4 SMA N 1 Randublatung tahun pelajaran 2011-2012? Penelitian tindakan kelas ini ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tindakan dalam setiap siklus dilakukan dengan cara menyimak gambar materi pembelajaran yang ditayangkan melalui OHP, kemudian siswa diminta untuk mengisi soal dalam bentuk handout yang beberapa bagiannya sengaja dikosongkan agar dapat diisi oleh siswa. Adapun yang menjadi subyek penelitiannya adalah siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Randublatung Blora yang berjumlah 40 siswa tahun ajaran 2011-2012. Berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II diperoleh nilai rata-rata aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I sebesar 72 % dan pada siklus II sebesar 92 %. Sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II yang diperoleh dari evaluasi yang dilaksanakan pada akhir pertemuan, nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 62,8 dengan ketuntasan klasikal sebesar 60 % dan nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah sebesar 79,67 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80 %.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, model pembelajaran Guided Note Taking (Catatan Terbimbing).
    Subjects: L Education > LA History of education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 22 May 2012 00:16
    Last Modified: 22 May 2012 00:16

    Actions (login required)

    View Item