Pengaruh Profesionalisme Mengajar Guru IPS Bersertifikasi Terhadap Pembelajaran IPS Sejarah Pada SMP Negeri Di Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2010/2011


Sigit Irfandi.Rais,, 3101406515 (2011) Pengaruh Profesionalisme Mengajar Guru IPS Bersertifikasi Terhadap Pembelajaran IPS Sejarah Pada SMP Negeri Di Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Profesionalisme Mengajar Guru IPS Bersertifikasi Terhadap Pembelajaran IPS Sejarah Pada SMP Negeri Di Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2010/2011”.]
Preview
PDF (Pengaruh Profesionalisme Mengajar Guru IPS Bersertifikasi Terhadap Pembelajaran IPS Sejarah Pada SMP Negeri Di Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2010/2011”.) - Published Version
Download (112kB) | Preview

Abstract

Profesionalisme guru yang dimaksud dalam skripsi ini adalah guru IPS yang profesional. Adapun guru profesional itu sendiri adalah guru yang berkualitas, berkompetensi, dan guru yang dikehendaki untuk mendatangkan prestasi belajar serta mampu mempengaruhi proses belajar mengajar siswa, yang nantinya akan menghasilkan prestasi belajar siswa yang lebih baik. Kompetensi guru yang diteliti meliputi empat kategori. Pertama, kemampuan guru dalam merencanakan program belajar mengajar. Kedua, kemampuan guru dalam menguasai bahan pelajaran. Ketiga, kemampuan guru dalam melaksanakan dan memimpin/mengelola proses pembelajaran. Dan keempat, kemampuan dalam menilai kemajuan proses pembelajaran. Kualitas pembelajaran adalah hasil belajar yang dicapai setelah melalui proses kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar siswa dapat ditunjukkan dalam bentuk nilai yang diberikan guru berupa raport yang merupakan hasil dari beberapa bidang studi yang telah dipelajari oleh peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif-korelasional dengan data bersifat ex post facto. Populasi penelitian adalah SMP N 1 Mandiraja, SMP N 2 Mandiraja, SMP N 3 Mandiraja, SMP N 1 Purwareja Klampok, SMP N 2 Purwareja Klampok, SMP N 3 Purwareja Klampok. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui angket yang diberikan kepada peserta didik kelas yang dipilih secara acak, kemudian dengan observasi, wawancara dan dengan studi dokumentasi. Setelah data-data tersebut diperoleh, penulis menganalisis data dan melakukan uji hipotesis dengan menggunakan rumus product momen dan menggunakan rumus Koefisien Determinasi untuk mengetahui kontribusi kedua Variabel X dan Y. Selanjutnya penulis menyimpulkan hasil penelitian dalam bentuk analisis interpretasi data. Setelah penelitian ini dilakukan, penulis memperoleh hasil penelitian bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara Profesionalisme mengajar guru IPS bersertifikasi dengan pembelajaran siswa di SMP Negeri Kabupaten Banjarnegara. Besarnya pengaruh profesionalisme mengajar guru terhadap pembelajaran sebesar 36,1%, fakta ini menunjukan bahwa profesionalisme mengajar guru bersirtifikat cukup berpengaruh terhadap pembelajaran di sekolah SMP Negeri di kabupaten Banjarnegara. Pada hasil deskriptif persentasi tingkat kompetensi profesionalisme guru mencapai 69,19% dan termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme, Guru, IPS Sejarah, Pembelajaran
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 May 2012 03:22
Last Modified: 22 May 2012 03:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12336

Actions (login required)

View Item View Item