Troubleshooting Sistem EFI Toyota Corolla 4a-Fe


Pujiyanto, 5250308001 (2012) Troubleshooting Sistem EFI Toyota Corolla 4a-Fe. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Troubleshooting Sistem EFI Toyota Corolla 4a-Fe] Microsoft Word (Troubleshooting Sistem EFI Toyota Corolla 4a-Fe) - Published Version
Download (24kB)

Abstract

EFI (Electronic Fuel Injection) adalah suatu sistem penyemprotan bahan bakar yang dalam kerjanya dikontrol oleh ECU agar didapatkan nilai campuran udara dan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan motor bakar, sehingga didapatkan daya motor yang optimal dengan pemakaian bahan bakar yang minimal serta mempunyai gas buang yang ramah lingkungan. Prinsip dasar sistem injeksi yang dipakai pada mobil-mobil saat ini mulai selesai sekitar tahun 1960, dan tahun 1967 industri Mobil VW mulai memakai sistem injeksi D (D-Jetronik), sistem ini pertama kali memakai Unit Pengontrol Elektronika. Dari tahun 1973 sampai saat ini sistem injeksi K (K-Jetronik) & L-Jetronik serta Mono-Jetronik sudah dipakai pada mobil. Sistem-sistem pada mesin EFI antara lain sistem bahan bakar, sistem induksi udara, sistem kontrol elektronik. Permasalahan yang dibahas dalam penulisan tugas akhir ini adalah mengetahui sistem-sistem EFI pada mesin toyota corolla 4A-FE, mengatasi gangguan-gangguan yang terdapat pada sistem EFI Toyota Corolla 4A-FE. Troubleshooting sistem EFI Corolla 4A-FE adalah cara menganalisa dan memecahkan suatu masalah/gangguan yang terjadi pada sistem EFI sehingga masalah tersebut dapat diatasi. Pemeriksaan gangguan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan alat scan kendaraan, alat ini dihubungkan pada terminal data link connector dan dengan cara membaca kedipan lampu, dengan menghubungkan kabel pada terminal TE1 dan E1 pada data link connector. Pada tugas akhir ini pemeriksaan gangguan menggunakan kedua cara yaitu dengan alat scan tool dan dengan membaca kedipan lampu kesalahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem EFI, Troubleshooting, scan tool
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 May 2012 03:06
Last Modified: 22 May 2012 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12332

Actions (login required)

View Item View Item