PENGARUH PENGAPLIKASIAN SISTEM DISTRIBUTORLESS IGNITION TERHADAP PERFORMA MESIN TURBO 4E-FTE


Jatmiko, 5201406545 (2011) PENGARUH PENGAPLIKASIAN SISTEM DISTRIBUTORLESS IGNITION TERHADAP PERFORMA MESIN TURBO 4E-FTE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGAPLIKASIAN SISTEM DISTRIBUTORLESS IGNITION TERHADAP PERFORMA MESIN TURBO 4E-FTE ] Microsoft Word (PENGARUH PENGAPLIKASIAN SISTEM DISTRIBUTORLESS IGNITION TERHADAP PERFORMA MESIN TURBO 4E-FTE ) - Published Version
Download (23kB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah sebarapa besar pengaruh performa mesin turbo 4E-FTE pada penggunaan distributor standar dibandingkan dengan Distributorless ignition. Penelitian bertujuan untuk mengatahui performa mesin turbo 4E-FTE pada penggunaan distributor standar dibandingkan dengan distributorless ignition. Desain eksperimen menggunakan The static group comperation: randomized control group only. Daya dan torsi yang akan diuji pada penggunaan distributor standar dan distributorless ignition pada putaran 800, 1200, 1600, 2000 rpm dengan menggunakan alat uji dynometer. Data penelitian kemudian dianalisis dengan uji statistik deskripitf dan uji Friedman. Berdasarkan hasil analisis data, bahwa pengaplikasian Distributorless Ignition terhadap performa mesin turbo 4E-FTE. Pada putaran mesin 800 rpm terjadi peningkatan daya dan torsi yang signifikan yaitu peningkatan torsi. Akan tetapi pada rpm 1200, 1600, 2000 terjadi penurunan daya dan torsi mesin. Uji Friedman untuk taraf signifikansi 0.05%. hasil pengujian Daya diperoleh Sig. = 0.000 dan untuk Torsi Sig. = 0.000. Karena untuk Daya dan Torsi lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05% maka dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh dari hasil pengujian berdistribusi normal. Sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima, artinya hipotesis ada peningkatan daya dan torsi pada pengaplikasian sistem distributorless ignition terhadap performa mesin turbo 4E-FTE.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pengaplikasian, Mesin Turbo 4E-FTE
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 May 2012 02:01
Last Modified: 22 May 2012 02:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12316

Actions (login required)

View Item View Item