Pembelajaran Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Pemeliharaan Rem Tromol Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Blora Tahun Pelajaran 2011/2012

Agus Dwi Iskandar, 5201405546 (2012) Pembelajaran Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Pemeliharaan Rem Tromol Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Blora Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Selama ini pembelajaran transmisi manual di SMK Muhammadiyah 1 Blora masih dilakukan dengan metode pembelajaran ekspositori, hasil belajarnya rendah sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian eksperimen ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pemeliharaan sistem rem tromol siswa kelas XII program keahlian teknik otomotif tahun pelajaran 2011/2012. Permasalahan pada penelitian ini yaitu seberapa besar peningkatan hasil belajar yang mengunakan pembelajaran metode kooperatif tipe co-op co-op dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen control group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII program keahlian teknik otomotif SMK Muhammadiyah 1 Blora tahun pelajaran 2011/2012. Sampel diambil secara random sampling. Dari populasi 2 kelas diambil semuanya, 1 kelas sebagai kelompok eksperimen dan 1 kelas lainnya sebagai kelompok kontrol. Pemilihan kelompok dilakukan secara acak. Dari hasil penelitian, diperoleh hasil belajar pemeliharaan sitem rem tromol siswa kelas XII jurusan otomotif SMK Muhammadiyah 1 Blora yang menggunakan pembelajaran ekspositori yaitu rata-rata awal sebesar 64,43 setelah pembelajaran menjadi 72,59, sedangkan untuk hasil belajar sistem rem tromol siswa kelas XII jurusan otomotif SMK Muhammadiyah 1 Blora yang menggunakan pembelajaran metode kooperatif tipe co-op co-op yaitu rata-rata awal sebesar 64,50 dan setelah pembelajaran menjadi 79,13. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata diperoleh thitung = 3,75 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 75 maka ttabel = 2,00. Karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti rata-rata hasil belajar kelas eksperimen secara signifikan lebih baik daripada kelas kontrol. Untuk rata-rata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 14,63 (22,68%) sedangkan rata-rata peningkatan hasil belajar kelas kontrol 10,16 (15,77%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan pembelajaran metode kooperatif tipe co-op co-op dapat meningkatkan hasil belajar materi pemeliharaan rem tromol. Oleh karena itu penulis menyarankan agar pembelajaran ini diterapkan pada konsep lain ataupun pada mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode kooperatif tipe co-op co-op, multimedia, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 May 2012 21:53
Last Modified: 21 May 2012 21:53

Actions (login required)

View Item