Rancang Bangun Screw Feeder sebagai Pengumpan Biomassa Sekam Padi pada Gasifier


Bambang Apriandi, 5201405011 (2012) Rancang Bangun Screw Feeder sebagai Pengumpan Biomassa Sekam Padi pada Gasifier. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Rancang Bangun Screw Feeder sebagai Pengumpan Biomassa Sekam Padi pada Gasifier] Microsoft Word (Rancang Bangun Screw Feeder sebagai Pengumpan Biomassa Sekam Padi pada Gasifier) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Mahalnya bahan bakar minyak merupakan alasan mendasar perlunya dikembangkan bahan bakar alternative pengganti minyak. Imbas nyata naiknya harga bahan bakar minyak dapat kita lihat pada sektor industri, khususnya industri kecil dan menengah yang semakin melemah. Selain itu, fenomena kenaikan harga bahan bakar minyak menimbulkan gejolak pada masyarakat, seperti demo penolakan kenaikan harga BBM yang sering menimbulkan kerusuhan, antrian mengisi bahan bakar di SPBU atau di depo-depo minyak tanah sering menimbulkan keributan. Cara menaggulangi hal tersebut, yaitu dengan mengembangan sumber energi alternatif, salah satunya adalah gasifikasi sekam padi. Proses gasifikasi adalah suatu proses termokimia yang menghasilkan gas kaya bahan bakar yang disebut gas produser terdiri dari CO, CH4, H2. Teknologi gasifikasi sekam padi yang terdapat di Fakultas Tenik UNNES mempunyai beberapa bagian, yaitu fuel feeding system (screw feeder), tabung reaktor gasifikasi, dan siklon (cyclone). Kapasitas biomasa yang dipindahkan oleh screw feeder untuk menghasilkan konversi biomasa menjadi energy sebesar 100 kW diperlukan laju masa sebesar ≈ 33 kg/jam (0,033 ton/jam). Dari data ini, maka diperoleh perhitungan pada perancangan screw feeder dengan data sebagai berikut : Dscrew = 50,8 mm, dporos = 25,4 mm, L = 300 mm, S = 50,8 mm, perbandingan putaran dosing screw dengan feeding screw = 1:2 rpm, dengan dimensi hopper = 380x115x300 mm.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: energi alternatif, gasifikasi, sekam padi, screw feeder
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 May 2012 01:51
Last Modified: 22 May 2012 01:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12312

Actions (login required)

View Item View Item