Penelusuran Potensi Daerah Untuk Pembinaan Olahraga Usia Dini Di Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali Tahun 2010


Bayu Tri Seto, 6101407220 (2011) Penelusuran Potensi Daerah Untuk Pembinaan Olahraga Usia Dini Di Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali Tahun 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penelusuran Potensi Daerah Untuk Pembinaan Olahraga Usia Dini Di Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali Tahun 2010] Microsoft Word (Penelusuran Potensi Daerah Untuk Pembinaan Olahraga Usia Dini Di Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali Tahun 2010) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Untuk meningkatkan prestasi olahraga di tingkat nasional maupun internasional diperlukan pembinaan usia dini mulai dari tingkat kecamatan sampai dengan seleksi nasional. Penelusuran potensi daerah dalam bidang olahraga seharusnya ditelusuri secara cermat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana potensi daerah untuk pembinaan olahraga usia dini di Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali. Tujuan penelitian : Mengetahui potensi daerah untuk pembinaan olahraga usia dini di Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali. Manfaat penelitian : Sebagai dasar sumbangan informasi ilmiah tentang penelusuran potensi daerah untuk pembinaan olahraga usia dini se Jawa Tengah di Kabupaten Boyolali Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisisi kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 Kepala Sekolah Dasar, 5 Guru Penjasorkes Sekolah Dasar, 10 Tokoh Masyarakat, dan 100 siswa Sekolah Dasar kelas besar (kelas 4, 5, dan 6) serta KONI Kabupaten. Objek penelitiannya meliputi pembinaan olahraga usia dini (sekolah dan masyarakat). Metode pengumpulan data menggunakan tes Iowa-Brace Test for Motor Educability, angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil tes Iowa-Brace Test for Motor Educability dikelompokkan berdasarkan sekolah, jenis kelamin, dan jenis tes. Hasil penelitian menunjukkan Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali olahraga unggulan yang berpotensi untuk pembinaan olahraga usia dini . Dari hasil Test Iowa-Brace Test for Motor Educability Siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali yang termasuk dalam kategori sangat baik sebanyak 19 siswa dengan jumlah persentase 19 %, kategori baik dengan jumlah siswa sebanyak 57 dengan jumlah persentase 57%, kategori sedang sebanyak 24 siswa dengan jumlah persentase 24% dan kategori kurang baik tidak ada, sehingga jumlah persentase 0%. Kesimpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini adalah dari hasil Test Iowa-Brace Test for Motor Educability menunjukkan gambaran potensi dan bakat dalam bidang olahraga di Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali dalam kategori baik. Penulis memberikan saran 1) siswa lebih termotivasi dalam menekuni cabang olahraga yang mereka tekuni dan mengembangkan potensi meraka agar mencapai prestasi yang maksimal.2) masyarakat diharapkan ikut serta dalam pembinaan olahraga isia dini dengan cara memberi kesempatan anaknya aktif dalam kegiatan olahraga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 May 2012 01:45
Last Modified: 22 May 2012 01:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12310

Actions (login required)

View Item View Item