Penerapan Nilai-nilai Olahraga Dalam Hubungan Sosial Siswa SMA Negeri 1 Kebumen Tahun 2011/2012


Zaenurrohman Wahab, 6101407212 (2012) Penerapan Nilai-nilai Olahraga Dalam Hubungan Sosial Siswa SMA Negeri 1 Kebumen Tahun 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Nilai-nilai Olahraga Dalam Hubungan Sosial Siswa SMA Negeri 1 Kebumen Tahun 2011/2012] Microsoft Word (Penerapan Nilai-nilai Olahraga Dalam Hubungan Sosial Siswa SMA Negeri 1 Kebumen Tahun 2011/2012) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan nilai-nilai olahraga dalam hubungan sosial siswa di lingkungan sekolahnya. Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa jauh penerapan nilai-nilai olahraga dalam hubungan sosial antar siswa SMA Negeri 1 Kebumen tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, metode penelitian adalah metode penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Kebumen Tahun 2011/2012 yang berjumlah 786 siswa yang terdiri dari 25 kelas. Teknik sampling adalah purposive sample. Jumlah sampel sebesar 160 siswa. Metode pengumpulan datanya dokumentasi dan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian penerapan nilai-nilai olahraga dalam hubungan sosial antar siswa di sekolah dari masing-masing aspek nilai olahrga, sebagian besar siswa telah mampu menerapkan nilai toleransi dan keadilan dengan sangat baik dengan persentase81,3% dan 50% , beberapa nilai olahraga seperti nilai kejujuran, respek, tanggung jawab, kepemimpinan, kerjasama telah mampu menerapkan dengan kategori baik dan nilai fair play baru masuk dalam kategori cukup. Sehingga secara umum penerapan nilai-nilai olahraga dalam hubungan sosial siswa SMA Negeri 1 Kebumen dalam kategori baik. Hal itu diwujudkan dalam berbagai aktivitas di sekolah seperti berperilaku jujur setiap melakukan sesuatu hal, menghormati hak dan kewajiban orang lain, menghargai kepribadian orang lain, bertanggung jawab terhadap suatu hal yang dilakukan, memberikan yang terbaik atas apa yang dilakukan, mampu membentuk sikap kepemimpinan atau kemampuan dalam mengambil keputusan, dan mampu bekerja sama dengan orang lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar siswa SMA Negeri 1 Kebumen telah mampu menerapkan nilai-nilai olahraga dalam hubungan sosialnya di lingkungan sekolah dengan baik. Saran yang dapat peneliti ajukan adalah sebagai berikut : 1) siswa hendaknya senantiasa berusaha untuk terlibat aktif dalam berbagai kegiatan olahraga dan pembelajaran penjas di sekolah karena disamping dapat dijadikan sebagai wahana untuk mengembangkan bakat dan kemampuan juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk mengembangkan berbagai nilai-nilai moral yang dapat dijadikan sebagai bekal dalam menjalani kehidupan sosialnya baik di lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan lingkungan keluarga yang komplek,2)pihak sekolah sebagai pendidik terutama guru penjasorkes disamping memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat melaksanakan kegiatan olahraga yang seluas-luasnya juga perlu memberikan berbagai pembelajaran nilai-nilai moral yang baik serta menjelaskan tentang pentingnya sikap dan perilaku positif dalam kehidupan sosial baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat luas,3) bagi dinas terkait hendaknya dapat mengambil kebijakan untuk lebih mengefektifkan kegiatan olahraga di sekolah dengan tujuan penanaman moral siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 May 2012 01:42
Last Modified: 22 May 2012 01:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12309

Actions (login required)

View Item View Item