Pelaksanaan Ekstrakurikuler Olahraga SD Negeri se-Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara tahun 2011


Rudi Wibowo, 6101407101 (2011) Pelaksanaan Ekstrakurikuler Olahraga SD Negeri se-Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pelaksanaan Ekstrakurikuler Olahraga SD Negeri se-Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara tahun 2011] Microsoft Word (Pelaksanaan Ekstrakurikuler Olahraga SD Negeri se-Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara tahun 2011) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Ekstrakurikuler olahraga merupakan kegiatan diluar jam sekolah yang bertujuan untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa, mengenal hubungan antar berbagai pelajar, menyalurkan bakat dan minat serta melengkapi dalam upaya pembinaan manusia seutuhnya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Ekstrakulikuler Olahraga SD Negeri se-Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara tahun 2011? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Ekstrakulikuler Olahraga SD Negeri se-Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara tahun 2011. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SD Negeri se-Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara yang melaksanakan Ekstrakulikuler Olahraga yang berjumlah 16 sekolahan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket penelitian. Analisis data menggunakan deskriptif prosentase. Dalam penelitian menggunakan korelasi product moment untuk menentukan validitas dari angket yang telah di uji cobakan dengan taraf signifikansi 5% yaitu korelasi yang biasa di gunakan untuk jawaban yang menggunakan dua kategori menjadi korelasi total untuk mengetahui uji reliabilitas internal. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa 100% seluruh SD Negeri se-Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara yang terdapat ekstrakurikuler olahraga sudah melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler olahraga dengan baik. Dari sebagian jawaban tersebut menunjukkan bahwa adanya hambatan dalam pelaksanakan ekstrakurikuler olahraga, diantaranya adalah hambatan dalam faktor sarana (20%), prasarana (41.25%), pendanaan (6.25%), dan faktor cuaca (75%). Hasil yang didapat dari pelaksanaan ekstrakurikuler olahraga adalah baik. Dari hasil tersebut penulis menyimpulkan, bahwa: Pelaksanaan Ekstrakurikuler Olahraga se-Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara tahun 2011 adalah baik. Saran yang bersangkutan dengan penelitian ini: 1) SD Negeri se-Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara harus lebih berusaha untuk memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler olahraga baik dari faktor sarana dan prasarana, pembina, peserta, hambatan, maupun faktor lain yang mendukung., 2) semua SD Negeri di Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara hendaknya dapat meminimalisasikan hambatan-hambatan yang terdapat dalam pelaksanaan ekstrakurikuler olahraga di sekolah masing-masing, seperti faktor pendanaan dan sarana prasarana., 3) bagi peneliti, akan lebih baik apabila disertai pengamatan pada saat berlangsungnya proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga di semua sekolah yang melaksanakan ekstrakurikuler olahraga sehingga hasil penelitian yang diperoleh lebih lengkap, dan obyektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Survei, Pelaksanaan, Ekstrakurikuler Olahraga
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 May 2012 01:32
Last Modified: 22 May 2012 01:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12306

Actions (login required)

View Item View Item