Pembelajaran Penjasorkes melalui modifikasi Permainan Sepak Bola pada siswa kelas V SD Negeri Kalisoka 01 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal

Faizal Dwi Ariyanto, 6101407059 (2012) Pembelajaran Penjasorkes melalui modifikasi Permainan Sepak Bola pada siswa kelas V SD Negeri Kalisoka 01 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah karena keterbatasan sarana dan perasaran di sekolah yang menjadi proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu pembelajaran penjasorkes ini dikembangkan dengan memanfatkan lingkungan luar sekolah untuk melatih permainan sepak bola siswa. permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana Pembelajaran Penjasorkes melalui modifikasi Permainan Sepak Bola pada siswa kelas V SD Negeri Kalisoka 01 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal ? Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk pembelajaran, yaitu (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengmpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa modifikasi permainan sepak bola), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjasorkes dan dua ahli pembelajaran, sarat uji coba sekala kecil dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian di analisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba sekala kecil (20 anak). Revisi digunakan perbaikan terhadap produk awal yang dibuat untuk peneliti, (5) uji coba sekala besar (40 anak), (6) revisi peroduk ahir yang dilakukan berdasarkan uji coba sekala besar, (7) hasil ahir model Pembelajaran Penjasorkes melalui modifikasi Permainan Sepak Bola pada siswa kelas V SD Negeri Kalisoka 01 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Pengumpulan dat dengan menggunakan kuesioner dan observasi yang diperoleh dari evaluasi ahli, uji coba produk, saran utuk perbaikan produk, dan ahli pengisian kuesioner oleh siswa.teknik analisis data yang digunakan adalah dekriptif persentase untuk mengungkap aspek konetif, psikomotor dan afektif siswa telah menggunakan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada saat melakukan pelajaran tersebut siswa telah mampu melaksanakan tugas dan tangung jawabnya secara baik untuk melakukan permainan sepakbola dengan 4 gawang. Hal ini ditunjukan dari : 1) hasil penilaian kognitif yang telah masuk dalam kategori baik dengan rata–rata 79,63%, 2) hasil penilaian psikomotor yang telah termasuk kategori baik dengan rata–rata 88,25%, 3) hasil penilaian afektif juga termasuk masuk dalam ketegori baik dengan rata – rata 84,50%. Oleh karena itu maka dapat di ketahui bahwa secara keseluruhan pengembangan model Pembelajaran Penjasorkes melalui modifikasi Permainan Sepak Bola pada siswa kelas V SD Negeri Kalisoka 01 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal, diyatakan efektif karena dapat dilihat dari data-data di atas maka modifikasi permainan sepak bola dengan 4 gawang dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penjasorkes, Modifikasi, Sepak Bola
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 May 2012 21:02
Last Modified: 21 May 2012 21:02

Actions (login required)

View Item