Survei Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar se-Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Tahun 2011.

Yudika Prasetya, 6101407047 (2012) Survei Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar se-Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Strategi pembelajaran didefinisikan sebagai perencanaan yang terdiri dari semua komponen materi dan prosedur yang akan digunakan untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan belajar. Penerapan strategi pembelajaran di Sekolah Dasar se-Kecamatan Dawe dihadapkan pada berbagai masalah yang ada, seperti pengetahuan dan wawasan guru penjas di Sekolah Dasar se-Kecamatan Dawe mengenai strategi pembelajaran. Pengetahuan strategi pembelajaran merupakan faktor penting untuk mencapai tujuan pendidikan jasmani. Permasalahan dalam penelitian ini adalah. Bagaimana tingkat pengetahuan strategi pembelajaran guru pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Dawe? . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan strategi pembelajaran guru pendidikan jasmani di Sekolah Dasar se-Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Penelitian ini adalah merupakan penelitian survei.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru penjas Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 36 guru penjasorkes yang pengambilan sampelnya menggunakan teknik total sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Dawe. Metode pengumpulan datanya mengggunakan metode dokumentasi dan angket. Untuk menguji validitas menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus alpha. Analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif persentase. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa strategi pembelajaran guru penjasorkes di Sekolah Dasar se-Kecamatan Dawe termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 88,89%. Pada analisis komponen pemilihan materi sangat baik dengan persentase 86,11%. Penyampaian materi oleh guru penjas sangat baik dengan persentase 100%. Hasil analisis komponen komunikasi guru penjasorkes sudah baik dengan persentase 100% dan pengelolaan kelas termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 80,65%. Kesimpulan berdasarkan dari hasil penelitian strategi pembelajaran guru penjasorkes di Sekolah Dasar se-Kecamatan Dawe sudah terlaksana sangat baik. Dari komponen strategi pembelajaran pemilihan materi, penyampaian materi, komunikasi dan pengelolaan kelas juga sudah sangat baik. Saran dari hasil penelitian yang dapat diberikan adalah guru penjasorkes harus lebih baik lagi dalam membuat strategi pembelajaran yang inovatif dan kreatif dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah sesuai dengan kurikulum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Guru Penjasorkes
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 May 2012 21:00
Last Modified: 21 May 2012 21:00

Actions (login required)

View Item