Analisa Bentuk dan Penggunaan Musik Jingle Sebagai Sarana Promosi Produk-Produk Konsumen di Kota Semarang.
Angelita Dwilistiani Y , 2503407023 (2012) Analisa Bentuk dan Penggunaan Musik Jingle Sebagai Sarana Promosi Produk-Produk Konsumen di Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Analisa Bentuk dan Penggunaan Musik Jingle Sebagai Sarana Promosi Produk-Produk Konsumen di Kota Semarang.)
- Published Version
Download (163kB) | Preview |
Abstract
Setiap tahunnya populasi manusia bertambah banyak begitu juga dengan kebutuhan. Perusahaan produk berlomba-lomba untuk mencapai target dengan mempromosikan produknya melalui media seni musik dengan memakai musik jingle. Karena jingle bias dipakai untuk kepentingan yang long lasting. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah analisa bentuk dan penggunaan musik jingle sebagai sarana promosi produk-produk konsumen di Kota Semarang?; (2) Faktor apa saja yang mempengaruhi masyarakat selaku konsumen menyukai jingle?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan bagaiman analisa bentuk dan penggunaan musik jingle sebagai sarana promosi produk-produk konsumen di Kota Semarang; dan (2) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi masyarakat selaku konsumen menyukai jingle. Berdasarkan tujuan masalah yang diutarakan, hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai manfaat teoritis dan manfaat praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan mendiskripsikan analisa bentuk dan penggunaan musik jingle serta faktor yang mempengaruhi masyarakat agar menyukai musik jingle. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, analisa bentuk dan penggunaan musik jingle sangat berpengaruh pada daya tarik masyarakat dari beberapa faktor yang terbukti dan telah diteliti. Dari hasil tersebut dapat disimpukan faktor yang mempengaruhi masyarakat selaku konsumen dapat menyukai jingle karena adanya kriteria yang harus ada pada musik jingle yaitu: (1) Konsep lagu sesuai dengan produk yang diiklankan; (2) Syair atau lirik menarik; (3) Liriknya singkat, padat dan jelas; (4) Easy Listening atau mudah didengar; (5) Mempunyai ciri khas; (6) Gampang diingat;. Dari hasil uraian penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa musik memang merupakan bahasa universal yang menarik sebagai penyampai pesan secara tidak langsung. Musik jingle bisa menjadi sarana promosi produk yang sangat kreatif dan bisa membuat daya tarik tersendiri di mata masyarakat. Saran yang dapat diberikan adalah agar produsen-produsen beberapa produk dapat membuat jingle yang unik, menarik dan bersifat ceria agar terjadi peningkatan keinginan masyarakat untuk mengingat dan akhirnya membeli.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisa Bentuk dan Penggunaan Musik Jingle Promosi Produk-Produk Konsumen |
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 22 May 2012 00:30 |
Last Modified: | 22 May 2012 00:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12291 |
Actions (login required)
View Item |