Suvei Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Mata Pelajaran Penjas Orkes di SMP se Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2011/1012


Aditiya Dwi Nugroho, 6101406022 (2011) Suvei Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Mata Pelajaran Penjas Orkes di SMP se Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2011/1012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Suvei Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Mata Pelajaran Penjas Orkes di SMP se Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2011/1012] Microsoft Word (Suvei Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Mata Pelajaran Penjas Orkes di SMP se Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2011/1012) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan KTSP di SMP se Kecamatan Bumiayu sudah diterapkan pada tahun 2007, akan tetapi pada kenyataanya pelaksanaan tersebut belum berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan guru penjas orkes kurang memahami dalam memaknai KTSP itu sendiri. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada mata pelajaran penjas orkes di SMP se kecamatan bumiayu?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada mata pelajaran penjas orkes di SMP se kecamatan bumiayu kabupaten brebes tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah guru penjas orkes di SMP se kecamatan bumiayu, kepala sekolah di SMP sekecamatan bumiayu dan guru non penjas orkes di SMP se kecamatan bumiayu dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random dan total sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan pada mata pelajaran penjas orkes. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskripstif presentatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasar hasil analisis perhitungan deskriptif kuantitatif dapat diketahui10 guru (71,43%) memiliki kriteria yang sangat baik dalam menjalankan KTSP karena berdasarkan hasil yang diperoleh dari butir angket yang sudh dikerjakan mencapai 81,25%-100%. Dan 4 guru (28,57%) memiliki kemapuan yang baik dalam menjalankan KTSP karena berdasarkan hasil yang diperoleh dari butir angket yang sudah dikerjakan mencapai 62,50%-81,25%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu: Pelaksanaan KTSP di SMP se Kecematan Bumiayu Kabupaten Brebes sudah berjalan dengan baik. Hal ini merujuk pada hasil penelitian yang menunjukan bahwa berdasarkanhasil perhitungan analisis deskriptif kuantitatif dapat diketahui 10 guru (71,43%) memiliki kemampuan yang sagat baik dalam menjalankan KTSP karena berdasarkan hasil butir soal angket yang mewakili indikator guru yang sudah dikerjakan mencapai 81,25%-100%. Dan 4 guru (28,57%) memiliki kemampuan yang baik dalam menjalankan KTSP karena berdasarkan hasil butir soal angket yang mewakili indikator guru yag sudah dikerjakan mencapai 62,50%-81,25%. Dari hasil penelitian diatas, peneliti dapat memberikan saran-saran sebagai berikut: Guru penjas Orkes hendaknya lebih mengetahui dan memahami Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan tujuan dari pendidikan dapat tercapai

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 May 2012 06:36
Last Modified: 21 May 2012 06:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12279

Actions (login required)

View Item View Item