Hubungan Antara Postur Tubuh dengan Keterbelajaran Gerak pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kelas V dan VI di Kecamatan Batang Kabupaten Batang Tahun 2011


Muhammad Khoerul Umam, 6250407042 (2011) Hubungan Antara Postur Tubuh dengan Keterbelajaran Gerak pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kelas V dan VI di Kecamatan Batang Kabupaten Batang Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan Antara Postur Tubuh dengan Keterbelajaran Gerak pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kelas V dan VI di Kecamatan Batang Kabupaten Batang Tahun 2011] Microsoft Word (Hubungan Antara Postur Tubuh dengan Keterbelajaran Gerak pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kelas V dan VI di Kecamatan Batang Kabupaten Batang Tahun 2011) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara postur tubuh dengan keterbelajaran gerak pada siswa Sekolah Dasar Negeri kelas V dan VI di Kecamatan Batang Kabupaten Batang tahun 2011. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI dari 62 SD Negeri dengan jumlah keseluruhan 3951 siswa, di Kecamatan Batang Kabupaten Batang tahun ajaran 2011. Sampel penelitian sebanyak 427 siswa yang terdiri dari 216 siswa putra dan 211 siswa putri yang diambil berdasarkan metode random sampling. Variabel penelitian terdiri dari variabel dependen yaitu Postur Tubuh dan variabel independen Keterbelajaran Gerak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey tes. Selanjutnya data yang diperoleh diolah menggunakan analisis deskriptif persentase dan untuk menghubungkan kedua variabel denga korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Postur Tubuh siswa SD Sekecamatan Batang 85,95% sedang, Keterbelajaran Gerak 37,3% baik sekali, dan Postur Tubuh dengan Keterbelajaran Gerak memiliki hubungan korelasi yang signifikan dan positif sebesar 0,191. Berdasarkan penelitian dapat diambil kesimpulan ada hubungan yang positif dan signifikan antara postur tubuh dengan keterbelajaran gerak pada siswa kelas V dan VI di Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Batang Kabupaten Batang Tahun 2011.Saran yang dapat diberikan peneliti adalah Hendaknya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat melakukan aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan perkembangan fisiknya, Hendaknya orang tua dan guru Penjas lebih memberikan dukungan kepada siswa yang memiliki perkembangan fisik dalam kategori sedang. Kondisi ini akan dapat ditingkatkan dengan lebih menekankan kepada siswa tersebut untuk lebih banyak melakukan aktivitas fisik yang dapat menunjang perkembangan postur tubuhnya, dan untuk peneliti selanjutnya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan acuan terutama penelitian yang berkaitan dengan hubungan antara postur tubuh dengan keterbelajaran gerak pada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Postur Tubuh, Keterbelajaran Gerak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 May 2012 06:22
Last Modified: 21 May 2012 06:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12274

Actions (login required)

View Item View Item