PENGARUH KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA DAN BAHASA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS 3 AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KUDUS TAHUN 2004/2005


Dian Mardiyanti , 3301403018 (2007) PENGARUH KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA DAN BAHASA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS 3 AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KUDUS TAHUN 2004/2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA DAN BAHASA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS 3 AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KUDUS TAHUN 2004/2005]
Preview
PDF (PENGARUH KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA DAN BAHASA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS 3 AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KUDUS TAHUN 2004/2005) - Published Version
Download (496kB) | Preview

Abstract

Prestasi akuntansi keuangan dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah kemampuan dasar matematika dan bahasa. Namun kebenaran argumen ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah kemampuan dasar matematika siswa kelas 3 akuntansi SMK Negeri 1 Kudus ? (2) Bagaimanakah kemampuan dasar bahasa siswa kelas 3 akuntansi SMK Negeri 1 Kudus? (3) Bagaimanakah prestasi mata pelajaran akuntansi keuangan (kelas 2 semester I, kelas 2 semester II, dan kelas 3 semester I) siswa kelas 3 akuntansi SMK Negeri 1 Kudus ? (4) Adakah pengaruh antara kemampuan dasar matematika dan bahasa terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi keuangan siswa kelas 3 akuntansi SMK Negeri 1 Kudus ? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 Akuntansi SMK Negeri 1 Kudus yang berjumlah 117 siswa. Sampel berjumlah 90 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan cara undian. Ada 3 variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu : (1) kemampuan dasar matematika, (2) kemampuan dasar bahasa, dan (3) prestasi belajar mata pelajaran akuntansi keuangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dasar matematika dan bahasa secara simultan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi keuangan. Hal ini terlihat pada probabilitas Fhitung sebesar 0.000. Besarnya pengaruh yang diberikan oleh kemampuan dasar matematika dan bahasa terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi keuangan adalah sebesar 54%. Artinya varian yang terjadi pada variabel prestasi belajar mata pelajaran akuntansi 54% dapat dijelaskan melalui varian yang terjadi pada variabel kemampuan dasar matematika dan kemampuan dasar bahasa. Dengan kata lain, prestasi belajar mata pelajaran akuntansi keuangan 54% ditentukan secara bersama-sama oleh kemampuan dasar matematika dan kemampuan dasar bahasa. Sedangkan sisanya sebesar 46% oleh faktor-faktor lain. Secara partial, kemampuan dasar matematika dan bahasa juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi keuangan Hal ini terlihat pada probabilitas thitung untuk kemampuan dasar matematika sebesar 0.000 dan probabilitas thitung untuk kemampuan dasar bahasa adalah sebesar 0.002. Besarnya pengaruh antara kemampuan dasar matematika (X1) terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi keuangan (Y) secara individual tergolong sedang. Hal ini ditunjukkan pada nilai r = 0. 649, maka r2 = 0.42. Sedangkan pengaruh antara kemampuan dasar bahasa (X2) terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi keuangan (Y) secara individual tergolong lemah. Hal ini ditunjukkan pada nilai r = 0. 329, maka r2 = 0.12. Dengan adanya pengaruh positif yang signifikan antara kemampuan dasar matematika dan kemampuan dasar bahasa terhadap prestasi mata pelajaran akuntansi keuangan siswa kelas 3 Akuntansi SMK Negeri 1 Kudus, maka disarankan agar : (1) Diharapkan pihak sekolah lebih selektif dalam memilih input siswa yang akan masuk jurusan akuntansi, khususnya kemampuan dasar matematika yang notabene paling berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. (2) Diharapkan kepada pihak sekolah lebih selektif dalam memilih input siswa yang akan masuk jurusan akuntansi, khususnya kemampuan dasar bahasa yang notabene memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Akuntansi Keuangan, Kemampuan Dasar Matematika, Kemampuan Dasar Bahasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2011 02:33
Last Modified: 25 Apr 2015 04:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item View Item