Pengaruh Suhu Ruang Terhadap Keluhan Subyektif Gejala Heat Exhaustion Bagian Injeksi PT. Arisamandiri Pratama Demak


Wuri Cahyadi , 6450407091 (2012) Pengaruh Suhu Ruang Terhadap Keluhan Subyektif Gejala Heat Exhaustion Bagian Injeksi PT. Arisamandiri Pratama Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Suhu Ruang Terhadap Keluhan Subyektif Gejala Heat Exhaustion Bagian Injeksi PT. Arisamandiri Pratama Demak] Microsoft Word (Pengaruh Suhu Ruang Terhadap Keluhan Subyektif Gejala Heat Exhaustion Bagian Injeksi PT. Arisamandiri Pratama Demak) - Published Version
Download (24kB)

Abstract

Perusahaan injeksi moulding merupakan industri yang memproduksi barang setengah jadi maupun barang jadi yang berbahan dasar biji plastik. Potensi bahaya yang timbul pada proses produksi yaitu suhu tinggi. Dari hasil survei pendahuluan dan penyebaran angket pada 10 responden didapatkan hasil 80 % responden mengalami pusing, 70 % cepat merasa lelah, 80 % responden banyak berkeringat dalam bekerja, 60 % responden pembuangan air seni sedikit dan jarang kencing dan 80 % merasa haus pada saat bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu ruang terhadap keluhan subyektif gejala heat exhaustion bagian injeksi PT. Arisamandiri Pratama Demak. Jenis Penelitian ini adalah survei analitik dengan desain penelitian Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 54 orang, dan dengan menggunakan teknik purposive sampling maka didapatkan sampel 35 orang. Berdasarkan uji Chi Square dengan uji alternatif Kolmogorov-Smirnov, didapatkan hasil terdapat hubungan antara suhu ruang terhadap keluhan subyektif gejala heat exhaustion dengan nilai p value (0,044) < α (0,05). Kemudian dilakukan uji pengaruh dengan uji regresi logistik, hasil yang didapatkan nilai p value (0,014) < α (0,05) maka ada pengaruh suhu ruang dengan keluhan subyektif gejala heat exhaustion. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, rekomendasi yang diberikan bagi perusahaan yaitu melakukan pengukuran suhu ruang secara rutin agar dapat memantau suhu dilingkungan kerja. Selain itu dapat dilakukan rekayasa ventilasi dengan menambahkan Portable Fan, Portable Blower, dan Cyclone pada tempat yang memiliki suhu tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Injeksi Moulding, Suhu Ruang, Keluhan Subyektif, Heat Exhaustion
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 May 2012 03:44
Last Modified: 21 May 2012 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12255

Actions (login required)

View Item View Item