Perbedaan Penggambaran Latar dalam Novel dan Film Germinal: Sebuah Kajian Ekranisasi.

Ali Ja’far Purnomo , 2350407004 (2012) Perbedaan Penggambaran Latar dalam Novel dan Film Germinal: Sebuah Kajian Ekranisasi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Perbedaan Penggambaran Latar dalam Novel dan Film Germinal: Sebuah Kajian Ekranisasi.) - Published Version
Download (119Kb)

    Abstract

    Munculnya fenomena pengadaptasian dari novel ke film bukanlah hal baru, inilah yang dimaksud dengan ekranisasi. Fim Germinal merupakan sebuah adaptasi dari novel Germinal, hal ini dikarenakan novel Germinal merupakan karya masterpiece Emile Zola. Novel Germinal merupakan roman naturalisme yang menceritakan perjuangan kaum buruh terhadap ketidakadilan kaum borjuis dengan Etienne sebagai tokoh utamanya. Novel Germinal yang terbit pada tahun 1885 diadaptasi menjadi film Germinal yang rilis pada tahun 1993 tentu mengalam adanya kesulitan dalam memvisualisasikan latar yang serupa dengan sumbernya (novel). Berdasarkan hal tersebut, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan gambaran latar antara film dan novel Germinal dilhat dari teori ekranisasi dengan tiga poin, yakni : (1) penambahan, (2) penciutan. dan (3) variasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan beberapa adaptasi dari beberapa sekuen latar yang meliputi penambahan, penciutan dan variasi. Penelitian ini menggunakan metode pilah unsur penentu (PUP) untuk menemukan data yang diperlukan. Penelitian ini mengambil data berupa kalimat-kalimat (kutipan) dari novel dan sekuen film dalam bentuk gambar yang mengandung unsur-unsur latar. Dilanjutkan dengan metode ekranisasi dalam analisisnya dan deskriptif kualitatif untuk penyajian hasil analisis. Sumber data dalam penelitian ini berupa roman yang berjudul Germinal karya Emile Zola dan film yang berjudul Germinal karya Claude Beri. Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat adanya (1) penambahan yang berupa sekuen latar untuk menyambung antara sekuen sebelum dan sesudannya, (2) penciutan dalam dua kategori sebagian dan keseluruhan bagian latar, (3) variasi yang berwujud penggantian unsur pendukung latar. Diketahui pula yang paling dominan dari ketiganya adalah penciutan atau pengurangan, hal tersebut adanya kemungkinan yang disebabkan oleh perbedaan kurun waktu penciptaan novel dan film Germinal. Durasi pemutaran film yang terbatas, sehingga film tidak mampu menampilkan semua latar yang ada di novel. Di samping itu kemungkinan lainnya adalah permasalahan biaya dalam penggarapan film Germinal itu sendiri, serta alasan tersendiri sineas mengambil latar yang dianggap pokok untuk ditonjolkan atau ditampilkan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Ekranisasi, Latar
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 20 May 2012 23:09
    Last Modified: 20 May 2012 23:09

    Actions (login required)

    View Item