Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) terhadap Motivasi Belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas XI.IPS SMA Negeri 2 Semarang.


Anita Rizki.Utaminingtyas,, 2302407054 (2011) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) terhadap Motivasi Belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas XI.IPS SMA Negeri 2 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2011.Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) terhadap Motivasi Belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas XI.IPS SMA Negeri 2 Semarang.]
Preview
PDF (2011.Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) terhadap Motivasi Belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas XI.IPS SMA Negeri 2 Semarang.) - Published Version
Download (52kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar bahasa Jepang siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. KKMdiindikasikan sebagai faktor eksternal yang mempengaruhi motivasi belajar. Dengan adanya nilai KKM pada mata pelajaran, maka siswa akan cenderung untuk memberikan perhatian yang lebih besar terhadap proses pembelajarannya dan akan menimbulkan motivasi yang menyebabkan siswa akan giat berusaha, rajin belajar serta membaca lebih banyak sumber bacaan untuk mencapai nilai KKM yang ditentukan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh persepsi siswa tentang KKM terhadap motivasi belajar bahasa Jepang Siswa Kelas XI.IPSSMA Negeri 2Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang KKM terhadap motivasi belajar bahasa Jepang Siswa Kelas XI.IPSSMA Negeri 2Semarang. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI.IPS SMA Negeri 2Semarang sebanyak 46 siswa. Terdapat dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitupersepsi siswa tentang KKM dan motivasi belajar bahasa Jepang. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif prosentase dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan nilai Adjusted R² = 0,376 = 37,6% dengan persamaan linier Y = 19,997 + 0,196 X. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel bebas persepsi siswa tentang KKM secara bersama-sama mempengaruhi variabel terikat motivasi belajar sebesar 37,6%.Maka berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil simpulan bahwa persepsi siswa tentang KKM mata pelajaran bahasa Jepang mepunyai pengaruhterhadap motivasi belajar bahasa Jepang siswa Kelas XI.IPS SMA Negeri 2 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: KKM, motivasi belajar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 May 2012 02:38
Last Modified: 13 Aug 2012 01:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12239

Actions (login required)

View Item View Item