FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS HALMAHERA KOTA SEMARANG TAHUN 2010
Ririn Dari, 6450406087 (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS HALMAHERA KOTA SEMARANG TAHUN 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS HALMAHERA KOTA SEMARANG TAHUN 2010)
- Published Version
Download (25kB) |
Abstract
Puskesmas merupakan salah satu pelayanan publik dibidang kesehatan. Masyarakat mulai cenderung menuntut mutu pelayanan yang baik, maka fungsi pelayanana kesehatan dalam puskesmas secara bertahap harus ditingkatkan agar memberikan kepuasan terhadap pasien. Permasalahan yang timbul adalah faktor apa saja yang berhubungan dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Halmahera Kota Semarang dan tingkat keeratan dari masing-masing faktor tersebut. Jenis penelitian ini adalah bersifat explanatory research dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Pada penelitian ini teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Accidental sampling, yaitu pengambilan sampel atau responden yang kebetulan ada atau tersedia. Jumlah sampelnya adalah 51. Dari hasil penelitian ini didapatkan data responden yang mengalami gejala kelelahan mata kurang dari dua yaitu sebanyak 3 orang (10,3 %) dan yang lebih dari dua gejala sebanyak 26 orang (89,7%) dengan nilai pearson correlation 0,089 < 0,37 rtabel, dengan nilai sig = 0,645 > 0,05. Jarak pandang responden semua dibawah 60 cm dan nilai pearson correlation 0,089 < 0,37 rtabel, dengan nilai sig = 0,645 > 0,05, dan responden yang menggunakan internet kurang dari 4 jam sebanyak 25 orang (86,2%) dan yang lebih dari sama dengan 4 jam sebanyak 4 orang (13 %) dengan nilai pearson correlation 0,277 < 0,37 rtabel, dengan nilai sig = 0,146 > 0,05. Berdasarkan hasil uji pearson product moment menunjukan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara cahaya monitor, jarak pandang dan lama kerja dengan kelelahan mata. Saran yang dapat diberikan yaitu perlu meningkatkan kepuasan pasien terhadap kehandalan pelayanan, daya tanggap pelayanan, jaminan pelayanan, empati pelayanan, dan bukti langsung pelayanan rawat jalan di Puskesmas Halmahera.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepuasan pasien, pelayanan kesehatan |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 21 May 2012 01:49 |
Last Modified: | 21 May 2012 01:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12231 |
Actions (login required)
View Item |