Korelasi antara Penguasaan Kosakata dan Tatabahasa terhadap Kemampuan Menulis Karangan pada Mahasiswa Semester III.

Rahmadini Abdi N. , 2301406028 (2012) Korelasi antara Penguasaan Kosakata dan Tatabahasa terhadap Kemampuan Menulis Karangan pada Mahasiswa Semester III. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Korelasi antara Penguasaan Kosakata dan Tatabahasa terhadap Kemampuan Menulis Karangan pada Mahasiswa Semester III.) - Published Version
Download (665Kb)

    Abstract

    Menulis adalah menghasilkan komunikasi melalui sebuah teks. Dari keempat kemampuan berbahasa, menulis adalah kegiatan yang menuntut kepekaan dan persiapan yang lebih. Dengan kata lain, menulis memerlukan ketelitian yang tinggi agar tidak terjadi kesalahpahaman penyampaian informasi. Ketelitian yang dimaksud adalah ketelitian menyangkut penggunaan kosakata dan tatabahasa. Kesalahan penggunaan kosakata dan tatabahasa dalam menulis akan mempengaruhi makna sehingga memungkinkan terjadinya kesalahpahaman dalam komunikasi antara penulis dan pembaca. Kosakata dan tatabahasa sangat berperan dalam kegiatan menulis. Berdasarkan asumsi tersebut, melalui penelitian ini, peneliti bermaksud untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara penguasaan kosakata dan tatabahasa dengan kemampuan menulis karangan pada mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II prodi Pendidikan Bahasa Prancis dan prodi Sastra Prancis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui jumlah dan nama responden. Metode tes digunakan untuk mengukur kemampuan menulis karangan. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi. Untuk mengetahui reliabilitas tes kosakata dan tatabahasa pilihan ganda digunakan rumus ”KR-21”. Untuk mengetahui reliabilitas tatabahasa aplikasi digunakan rumus "alpha", sedangkan rumus yang digunakan untuk mengetahui reliabilitas tes menulis adalah rumus "korelasi product moment". Untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata dan tatabahasa terhadap kemampuan menulis digunakan rumus “korelasi ganda”. Hasil analisis data menunjukkan, bahwa koefisien korelasi antara penguasaan kosakata dan tatabahasa secara simulatan terhadap kemampuan menulis adalah 0,925. Sedangkan secara parsial, koefisien korelasi penguasaan kosakata dan menulis sebesar 0,771.. Sedangkan koefisien korelasi penguasaan tatabahasa dan kemampuan menulis sebesar 0,652. Hal ini berarti, terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dan tatabahasa terhadap kemampuan menulis. Sedangkan secara parsial, penguasaan kosakata lebih berpengaruh dalam kemampuan menulis dibandingkan penguasaan tatabahasa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: korelasi, kosakata, tatabahasa, menulis
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 20 May 2012 21:14
    Last Modified: 20 May 2012 21:14

    Actions (login required)

    View Item