Penerapan Model Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman “Physics Terms”


Purnomo P Nugroho, 4201408082 (2012) Penerapan Model Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman “Physics Terms”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman “Physics Terms” ] Microsoft Word (Penerapan Model Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman “Physics Terms” ) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang mulai pada tahun 2010 lalu, telah mengadakan kelas khusus bagi mahasiswa yang mempunyai minat lebih terhadap sekolah berbasis internasional yang disebut kelas PGMIPABI. Adapun berdasarkan pada hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada 12 mahasiswa PGMIPABI angkatan 2010 diketahui bahwa kemampuan mahasiswa PGMIPABI dalam memahami referensi fisika dalam bahasa Inggris hanya masuk pada kriteria cukup atau rata-rata sekitar 60%. Kondisi ini akan menjadi faktor penghambat untuk dapat memahami Fisika secara utuh dan benar. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan sebuah model pembelajaran yang memberikan peluang bagi mahasiswa mengeksplorasi Physics Terms seluas-luasnya, Salah satu model yang memenuhi kriteria itu adalah Blended Learning Blended Learning merupakan model pembelajaran yang menggabungkan kelebihan beberapa model pembelajaran menjadi satu. Dalam penelitian ini, pembelajaran Blended Learning memadukan E-Learning dan Cooperative Learning. Pembelajaran tersebut menggabungkan beberapa strategi pembelajaran, Web Based Learning, Computer Based Learning, dan Peer teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Blended Learning pada pembelajaran bahasa Inggris sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman Physics Terms mahasiswa PGMIPABI Semester 1 tahun ajaran 2011. Subyek pada penelitian ini adalah mahasiswa Fisika Kelas PGMIPABI Angkatan 2011 UNNES Semarang yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pre test post test group. Peningkatan pemahaman Physics Terms mahasiswa diketahui dengan menggunakan perhitungan uji gain ternormalisasi antara hasil pre test dan post test, kemudian kategori peningkatan ditentukan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diketahui bahwa besarnya faktor Gain <g> pemahaman Physics Terms mahasiswa masing-masing adalah 0,605 dan 0,600. Nilai tersebut termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Adapun kemampuan Physics Terms mahasiswa secara tertulis (writing) maupun secara oral (pronunciation) dengan nilai rata-rata sebesar 65,9 dan 77,0. Nilai tersebut masuk dalam kategori baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Blended Learning mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam Physics Terms.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Physics Terms, PGMIPABI
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 07:00
Last Modified: 16 May 2012 07:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12207

Actions (login required)

View Item View Item