Materi Ajar pada Buku Ajar Fisika Bilingual Kelas VII Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Pemalang


Siswanto, 4201408077 (2012) Materi Ajar pada Buku Ajar Fisika Bilingual Kelas VII Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Materi Ajar pada Buku Ajar Fisika Bilingual Kelas VII Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Pemalang] Microsoft Word (Materi Ajar pada Buku Ajar Fisika Bilingual Kelas VII Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Pemalang) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Kelayakan materi ajar pengukuran yang terdapat dalam buku ajar fisika bilingual kelas VII karangan Etsa Indra Irawan dan Sunardi yang diterbitkan Yrama Widya dibandingkan dengan standar BSNP, (2) Kelayakan isi materi ajar pengukuran yang terdapat dalam buku ajar fisika bilingual kelas VII karangan Etsa Indra Irawan dan Sunardi yang diterbitkan Yrama Widya, (3) Aspek bahasa pada materi ajar pengukuran yang terdapat dalam buku ajar fisika bilingual kelas VII karangan Etsa Indra Irawan dan Sunardi yang diterbitkan Yrama Widya. Materi ajar yang di analisis adalah materi ajar pengukuran yang terdapat pada buku ajar fisika bilingual kelas VII karangan Etsa Indra Irawan dan Sunardi yang diterbitkan oleh Yrama Widya. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif dan data hasil penelitian diuji dengan teknik trianggulasi. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan hasil bahwa materi ajar pengukuran yang terdapat pada buku ajar fisika bilingual kelas VII terbitan Yrama Widya, masuk kriteria cukup sesuai dengan perolehan nilai presentase BSNP sebesar 57,43%. Hasil ini dikuatkan oleh hasil penelitian kelayakan isi (kesalahan penggunaan physics term dan kesalahan konsep) dan aspek kebahasaan (Penggunaan tata bahasa dan Tingkat keterbacaan teks yang diukur dengan Grafik Fry) dari materi ajar tersebut. Pada penelitian kelayakan isi, diperoleh empat kesalahan penerjemahan physics terms, dua kesalahan konsep untuk teks yang berbahasa Indonesia dan dua kesalahan konsep untuk teks yang berbahasa Inggris. Sedangkan pada aspek kebahasaan, diperoleh 19 kesalahan tata bahasa untuk teks yang berbahasa Inggris, 29 kesalahan tata bahasa untuk teks yang berbahasa Indonesia, 4 sampel masuk kriteria sesuai untuk tingkat keterbacaan teks yang berbahasa Indonesia dan 2 sampel masuk kriteria sesuai untuk tingkat keterbacaan teks yang berbahasa Inggris. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa (1) Materi ajar pengukuran yang terdapat pada buku ajar bilingual Fisika kelas VII karangan Etsa Indra Irawan dan Sunardi terbitan Yrama Widya, tergolong kriteria cukup sesuai berdasarkan standar yang ditetapkan BSNP, (2) Kelayakan isi pada materi ajar pengukuran secara umum cukup layak, yaitu berdasarkan kesesuaian konsep dan penggunaan physics terms, (3) Aspek kebahasaan berupa tingkat keterbacaan dan penggunaan ejaan pada materi ajar pengukuran cukup sesuai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis materi ajar, buku ajar fisika bilingual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 06:51
Last Modified: 16 May 2012 06:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12204

Actions (login required)

View Item View Item