Penerapan LKS Berbasis Inkuiri Materi Kalor untuk Menumbuhkan Karakter Siswa SMP Kelas VII Tahun Pelajaran 2011/2012


Whiji Pamungkas, 4201407071 (2012) Penerapan LKS Berbasis Inkuiri Materi Kalor untuk Menumbuhkan Karakter Siswa SMP Kelas VII Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan LKS Berbasis Inkuiri Materi Kalor untuk Menumbuhkan Karakter Siswa SMP Kelas VII Tahun Pelajaran 2011/2012 ] Microsoft Word (Penerapan LKS Berbasis Inkuiri Materi Kalor untuk Menumbuhkan Karakter Siswa SMP Kelas VII Tahun Pelajaran 2011/2012 ) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Pasal I UU Sisdiknas tahun 2003 menyatakan bahwa diantara tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia. Amanah tersebut bermaksud agar pendidikan tidak hanya membentuk insan Indonesia yang cerdas, namun juga berkepribadian atau berkarakter. Pada Standar Kompetensi Kelulusan (SKL) mata pelajaran IPA terdapat indikator tentang pendidikan karakter yang harus dicapai siswa. Indikator tersebut dapat dicapai melalui kegiatan praktikum menggunakan LKS berbasis inkuiri. Dalam penelitian ini pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran dengan penerapan LKS berbasis inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan menumbuhkan karakter siswa melalui penerapan LKS berbasis inkuiri. Sampel yang diambil adalah siswa SMP Negeri 4 Mandiraja kelas VII semester gasal tahun pelajaran 2011/2012. Desain penelitian yang digunakan adalah post test only control design dengan yang menerapkan LKS berbasis inkuiri pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menerapkan LKS yang dibuat oleh lembaga pendidikan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi, tes dan angket. Data yang diambil adalah hasil belajar siswa, baik hasil belajar kognitif, afektif maupun psikomotorik. Hasil belajar siswa pada aspek afektif dan psikomotorik diperoleh melalui pengamatan serta angket, sedangkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif diperoleh melalui tes. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan dapat dilihat bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol, baik hasil belajar kognitif, afektif maupun psikomotorik. Rata-rata hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen sebesar 76,11 dan 69,94 pada kelas kontrol, rata-rata hasil belajar afektif siswa pada kelas eksperimen sebesar 81,76 dan 69,85 pada kelas kontrol, sedangkan rata-rata hasil belajar psikomotorik siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,74 dan 78,38 pada kelas kontrol. Analisis uji signifikansi melalui uji t pihak kanan dengan α = 5% menghasilkan nilai thitung sebesar 2,58 dan ttabel sebesar 1,99 yang artinya hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Rata-rata hasil angket pada kelas eksperimen 85,95 dan 81,90 pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan LKS berbasis inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan menumbuhkan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Karakter, LKS Inkuiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 06:45
Last Modified: 16 May 2012 06:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12200

Actions (login required)

View Item View Item