Peningkatan Kompetensi Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kertayasa Kabupaten Banjarnegara melalui Penerapan Metode Sugesti-Imajinasi dengan Media Lagu.
Eka Winarni, 2101405505 (2009) Peningkatan Kompetensi Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kertayasa Kabupaten Banjarnegara melalui Penerapan Metode Sugesti-Imajinasi dengan Media Lagu. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Kompetensi Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kertayasa Kabupaten Banjarnegara melalui Penerapan Metode Sugesti-Imajinasi dengan Media Lagu.)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kompetensi menulis merupakan suatu kompetensi berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung dan melalui proses kreatif untuk menyampaikan gagasan melalui tulisan. Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru kelas dan siswa, kompetensi menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri 1 Kertayasa Kabupaten Banjarnegara masih kurang. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis disebabkan faktor internal yang berasal dari siswa dan faktor eksternal yang berasal dari metode maupun media yang digunakan guru dalam mengajar. Pemilihan metode sugesti-imajinasi dan media lagu sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi menulis karangan narasi didasarkan pada tuntutan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang memberikan kebebasan pada guru untuk memilih metode dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan penjelasan tersebut, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) apakah penerapan metode sugesti-imajinasi dengan media lagu dapat meningkatkan kompetensi menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri 1 Kertayasa Kabupaten Banjarnegara dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas V SD Negeri 1 Kertayasa Kabupaten Banjarnegara setelah mengikuti proses pembelajaran melalui penerapan metode sugesti-imajinasi dengan media lagu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi peningkatan kompetensi menulis karangan narasi dan perubahan perilaku siswa kelas V SD Negeri 1 Kertayasa Kabupaten Banjarnegara setelah mengikuti proses pembelajaran melalui penerapan metode sugesti-imajinasi dengan media lagu. Adapun manfaat penelitian ini meliputi manfaat teoretis dan praktis. Secara teoretis, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pengetahuan yang berkaitan dengan penggunaan metode dan media yang tepat dalam pembelajaran menulis, khususnya menulis karangan narasi. Secara praktis, hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan desain tindakan kelas, yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri 1 Kertayasa Kabupaten Banjarnegara berjumlah 30 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa tes kompetensi menulis karangan narasi, sedangkan alat pengambilan data nontes yang digunakan adalah pedoman observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Analisis data tes dilakukan secara kuantitatif, sedangkan analisis data nontes dilakukan secara kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian, kompetensi menulis karangan narasi siswa pada siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 37,18%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 58,87 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 37,18% dengan nilai rata-rata kelas 77,67. Peningkatan kompetensi siswa dalam menulis karangan narasi juga diikuti dengan perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Siswa menjadi lebih fokus dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Simpulan dalam penelitian ini adalah kompetensi siswa kelas V SD Negeri 1 Kertayasa Kabupaten Banjarnegara dalam menulis karangan narasi mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi melalui penerapan metode sugesti-imajinasi dengan media lagu. Perilaku siswa juga mengalami perubahan menjadi lebih baik. Penulis menyarankan agar guru Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya dalam pengajaran menulis karangan narasi menerapkan metode sugesti-imajinasi dengan media lagu. Siswa hendaknya memperhatikan penjelasan guru, serius dalam belajar, dan selalu bertanya kepada guru setiap menemukan masalah dalam proses pembelajaran. Saran yang ditujukan kepada peneliti lainnya adalah agar melaksanakan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan menggunakan pendekatan-pendekatan lain yang lebih menarik, kreatif, dan variatif sehingga memperkaya khazanah ilmu bahasa dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis, karangan narasi, metode sugesti-imajinasi, dan media lagu. |
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Fakultas: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 23 Mar 2011 12:09 |
Last Modified: | 23 Mar 2011 12:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/122 |
Actions (login required)
View Item |