Penyusunan Bahan Ajar Fisika Berbasis Inkuiri Pada Materi Hukum Newton Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Imersi SMAN 1 Bojong Tegal Tahun 2011/2012
Priagung Susetiadi, 4201407045 (2012) Penyusunan Bahan Ajar Fisika Berbasis Inkuiri Pada Materi Hukum Newton Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Imersi SMAN 1 Bojong Tegal Tahun 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Penyusunan Bahan Ajar Fisika Berbasis Inkuiri Pada Materi Hukum Newton Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Imersi SMAN 1 Bojong Tegal Tahun 2011/2012)
- Published Version
Download (26kB) |
Abstract
Bahan ajar merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan atau isi pelajaran. Secara garis besar bahan ajar bertujuan untuk mengarahkan semua aktivitas dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran kelas imersi menggunakan bahasa Inggris, sehingga dibutuhkan bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa. Informasi yang diperoleh di SMAN 1 Bojong bahwa siswa belum menggunakan bahan ajar bilingual. Penyusunan bahan ajar bilingual berbasis inkuiri diharapkan dapat memberikan alternatif bahan ajar di sekolah yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa, karena kemampuan berpikir kritis dapat dikembangkan melalui kegiatan inkuiri (Sadia, 2008). Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan bahan ajar fisika bilingual berbasis inkuiri pada materi hukum Newton yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas imersi SMAN 1 Bojong. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Sampel penelitian ini yaitu kelas X2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X1 sebagai kelompok kontrol. Data kelayakan bahan ajar diperoleh dari angket, tingkat keterbacaan bahan ajar diperoleh dari tes rumpang. Hasil belajar kognitif dan berpikir kritis diperoleh dari tes uraian, hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh dari lembar observasi. Bahan ajar fisika bilingual berbasis inkuiri yang dihasilkan, termasuk dalam kriteria sangat layak dan mudah dipahami. Hasil belajar kognitif dan berpikir kritis kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar fisika bilingual berbasis inkuiri materi hukum Newton dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas imersi. Agar proses pembelajaran kelas imersi menjadi optimal, sebaiknya kemampuan bahasa Inggris siswa lebih ditingkatkan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar fisika, inkuiri, berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 16 May 2012 06:36 |
Last Modified: | 16 May 2012 06:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12198 |
Actions (login required)
View Item |