Sintesis Pewarna Magnetik Berbahan Dasar Besi Oksida.


Tito Prastyo Rahman, 4250408003 (2012) Sintesis Pewarna Magnetik Berbahan Dasar Besi Oksida. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Sintesis Pewarna Magnetik Berbahan Dasar Besi Oksida] Microsoft Word (Sintesis Pewarna Magnetik Berbahan Dasar Besi Oksida) - Published Version
Download (23kB)

Abstract

Telah dilakukan pengolahan magnetit hasil ekstraksi pasir besi menjadi pigmen magnetik, dengan menggunakan metode Pechini.Pigmen yang dihasilkan dapat ketarik magnet, yang diperkaya oleh ion kromofor magnesium sebagai ion pembawa warna. Bahan dasar besi nitrat diperoleh dari bahan alam pasir besi sebagai sumber ion Fe, sehingga sifat khasnya yang dapat merespon medan magnet dapat dimanfaatkan sebagai pembentuk pigmen magnetik. Pembuatan pigmen dimulai dengan reaksi pembentukan besi nitrat dan magnesium nitrat yang kemudian ditambah ethilen glikol untuk menghasilkan mekanisme pembentuk polimer/gel, selanjutnya dikeringkan pada temperatur . Sintesis ini menghasilkan perubahan warna dari ungu menuju coklat seiring naiknya temperatur pemanasan mulai 500°C hingga 900°C.Perubahan warna juga terjadi pada daerah mikroskopis pigmen.Adanya nilai suseptibilitas yang positif ( ) menunjukan pigmen ini tergolong dalam meterial feromagnetik. Analisis XRD menunjukkan terbentuknya struktur kristal magnesium ferite (MgFe2O4) dengan struktur kubik dan hasil analisis XRF menunjukkan dukungan bahwa unsur yang menjadi kajian penelitian ini dengan fraksi terberat adalah Mg dan Fe. Pembuatan pigmen berbahan dasar oksida besi dapat menjadi peluang dalam pengolahan pasir besi di Indonesia menjadi pewarna magnetik sebagai uji keaslian uang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pechini, Pigmen, Magnetik
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 13:25
Last Modified: 16 May 2012 13:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12195

Actions (login required)

View Item View Item