Pemanfaatan ScienceWorkshop Interface 750 Sebagai Alat Ukur Kecepatan Gelombang Dalam Medium


Khisni Rohendy, 4250405007 (2012) Pemanfaatan ScienceWorkshop Interface 750 Sebagai Alat Ukur Kecepatan Gelombang Dalam Medium. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemanfaatan ScienceWorkshop Interface 750 Sebagai Alat Ukur Kecepatan Gelombang Dalam Medium] Microsoft Word (Pemanfaatan ScienceWorkshop Interface 750 Sebagai Alat Ukur Kecepatan Gelombang Dalam Medium) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Sistem peralatan ScienceWorkshop interface 750 telah berhasil disusun sebagai alat pengukur waktu tunda perambatan gelombang dalam medium. Penyusunan alat tersebut menggunakan dua sensor suara. Dimana satu sensor merupakan sensor modifikasi yang dibuat dari condenser mocrophone yang dalam pembuatannya disesuaikan dengan interface karena mempunyai jack 8 pin. Selain itu diperlukan driver baru bernama Aspi32 untuk komputer dengan sistem operasi windows XP karena alat ScienceWorkshop interface 750 pada keadaan awalnya hanya dapat dijalankan pada windows 2000 atau seri dibawahnya. Proses perekaman gelombang dilakukan dengan memberikan sumber getar pada medium kemudian sinyal akan ditangkap oleh sensor. Rekaman gelombang yang didapat memiliki tampilan digital yang dapat disimpan dalam file excel. Akurasi susunan alat perekaman waktu tunda perambatan gelombang cukup baik hingga skala milisekon. Hasil yang didapatkan adalah kecepatan gelombang dalam medium melalui parameter waktu tunda penjalaran gelombang. Hasil coba alat dengan menggunakan medium udara didapatkan kecepatan gelombang rata-rata sebesar 328.966 m/s, untuk medium kayu Mahoni kecepatan gelombang rata-rata sebesar 1589.133 m/s, untuk batu Lempung kecepatan gelombang rata-rata sebesar 1815.211 m/s, untuk batu Pasir Palimanan kecepatan gelombang rata-rata sebesar 2127.820 m/s. Hasil kecepatan gelombang dalam medium padat merupakan kecepatan gelombang P karena memenuhi teori seismik. Karena keadaan medium yang pendek maka gelombang P dan gelombang S masih bercampur, sehingga kecepatan gelombang S tidak didapatkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ScienceWorkshop interface 750, waktu tunda, kecepatan gelombang
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 13:16
Last Modified: 16 May 2012 13:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12192

Actions (login required)

View Item View Item