Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Virtual Lab terhadap Hasil Belajar Materi Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI-IA SMA N 12 Semarang


Endra Farid, 4301406044 (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Virtual Lab terhadap Hasil Belajar Materi Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI-IA SMA N 12 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Virtual Lab terhadap Hasil Belajar Materi Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI-IA SMA N 12 Semarang] Microsoft Word (Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Virtual Lab terhadap Hasil Belajar Materi Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI-IA SMA N 12 Semarang) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh inkuiri terbimbing berbantuan virtual lab terhadap hasil belajar materi hidrolisis garam siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Semarang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh inkuiri terbimbing berbantuan virtual lab terhadap hasil belajar materi hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini, siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Semarang tahun ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh sebagai kelompok eksperimen kelas XI-IA 2 dan kelompok kontrol kelas XI-IA 3. Desain penelitian yang digunakan yaitu posttest only design. Variabel bebas yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan virtual lab dan model ceramah berbantuan praktikum, variabel terikatnya hasil belajar materi hidrolisis garam kelas XI-IA 2 dan 3 SMA N 12 Semarang. Analisis tahap awal menunjukkan, populasi berdistribusi normal dan tingkat homogenitas sama, sehingga pemilihan sampel secara acak. Setelah diberi perlakuan kemudian dilakukan postes, diketahui rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol yaitu masing-masing sebesar 74,11 dan 71,71. Uji perbedaan dua rata-rata hasil belajar diperoleh thitung (1,752) > ttabel (1,67), sehingga disimpulkan hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi biserial sebesar 0.277 dan koefisien determinasi sebesar 7.7%. Simpulan pada penelitian ini yaitu pembelajaran model Inkuiri Terbimbing berbantuan virtual lab berpengaruh terhadap hasil belajar kimia materi hidrolisis garam siswa kelas XI-IPA SMA N 12 Semarang dengan kontribusi 7,7%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Virtual lab, metode Inkuiri Terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 06:05
Last Modified: 16 May 2012 06:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12188

Actions (login required)

View Item View Item