Pengembangan Fotonovela Bilingual pada Materi Pencemaran Lingkungan sebagai Media Diskusi Kelompok di SMA Negeri 1 Kudus


Fitriana Seha, 4401407064 (2012) Pengembangan Fotonovela Bilingual pada Materi Pencemaran Lingkungan sebagai Media Diskusi Kelompok di SMA Negeri 1 Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Fotonovela Bilingual pada Materi Pencemaran Lingkungan sebagai Media Diskusi Kelompok di SMA Negeri 1 Kudus] Microsoft Word (Pengembangan Fotonovela Bilingual pada Materi Pencemaran Lingkungan sebagai Media Diskusi Kelompok di SMA Negeri 1 Kudus) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu sarana untuk mempermudah penyampaian materi pada siswa dalam proses pembelajaran. Teori-teori penelitian tentang media fotonovela menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Observasi awal yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kudus menunjukkan bahwa guru telah menggunakan media foto pencemaran lingkungan namun belum pernah mengembangkan media fotonovela tentang pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi jenis media pembelajaran materi Pencemaran Lingkungan yang digunakan di kelas X, 2) mengidentifikasi jenis media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, 3) menentukan perlunya pengembangan fotonovela sebagai media diskusi kelompok, 4) membuat fotonovela bilingual materi Pencemaran Lingkungan sebagai media diskusi kelompok dan 5) menguji pengaruh penerapan fotonovela bilingual materi Pencemaran Lingkungan sebagai media diskusi kelompok. Penelitian dilakukan dengan metode Research and Development (RnD) meliputi tahapan 1) research awal untuk mengidentifikasi potensi dan masalah di sekolah menggunakan instrumen angket dan wawancara, 2) membuat fotonovela bilingual materi Pencemaran Lingkungan sebagai media diskusi kelompok menggunakan instrumen validasi pakar mencapai skor 73,25 dengan kriteria layak, validasi siswa melalui uji coba terbatas mencapai skor 82 dan 3) research melalui uji coba pemakaian menggunakan instrumen soal tes pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengaruh media fotonovela terhadap hasil belajar siswa diuji menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kudus. Subyek uji coba pemakaian ditentukan dengan convenience sampling, dari 288 siswa sebagai populasi diambil 53 siswa sebagai sampel. Hasil penelitian ini meliputi 1) media pembelajaran pada materi Pencemaran Lingkungan yang telah digunakan di Kelas X yaitu slide presentasi, LKS, foto atau gambar dan lingkungan asli, namun belum pernah menggunakan fotonovela bilingual dalam bentuk cetak, 2) media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa adalah media gambar fotografi dan media lingkungan, 3) media fotonovela bilingual pada materi Pencemaran Lingkungan perlu dikembangkan pada kegiatan diskusi kelompok, 4) pembuatan fotonovela bilingual meliputi tahapan research awal, validasi pakar, uji coba skala terbatas, uji coba pemakaian dan produk akhir serta 5) Fotonovela bilingual materi Pencemaran Lingkungan sebagai media diskusi kelompok yang dikembangkan berpengaruh signifikan dengan aras 0,05 pada hasil belajar yang ditunjukkan dengan skor posttest kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Secara umum dapat disimpulkan bahwa fotonovela bilingual materi Pencemaran Lingkungan sebagai media diskusi kelompok yang telah dibuat dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas X SMA Negeri 1 Kudus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fotonovela bilingual, materi pencemaran lingkungan, diskusi kelompok
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QE Geology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 04:35
Last Modified: 16 May 2012 04:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12186

Actions (login required)

View Item View Item