Penerapan Model Pembelajaran Scramble Berbantu Question Card Pada Materi Sistem Gerak Kelas VIII SMP Negeri 1 Godong Grobogan


Astri Rahma Nurwandani, 4401407052 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Scramble Berbantu Question Card Pada Materi Sistem Gerak Kelas VIII SMP Negeri 1 Godong Grobogan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Scramble Berbantu Question Card Pada Materi Sistem Gerak Kelas VIII SMP Negeri 1 Godong Grobogan] Microsoft Word (Penerapan Model Pembelajaran Scramble Berbantu Question Card Pada Materi Sistem Gerak Kelas VIII SMP Negeri 1 Godong Grobogan) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Pembelajaran sains mempelajarai permasalahan yang berkaitan dengan fenomena alam dan berbagai permasalahan dalam kehidupan masyarakat. Sains mengandung empat hal, yaitu: konten atau produk, proses atau metode, sikap dan teknologi. Penggunaan scramble berbantu question card akan lebih optimal karena lebih efisien, menarik dan menyenangkan dengan dikemas dalam bentuk permainan, mempermudah siswa mencari solusi dari soal secara berkelompok dan pembelajaran menjadi bersifat student centered sehingga siswa tidak merasa jenuh maupun bosan. Berdasarkan hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran scramble berbantu question card pada materi sistem gerak dapat menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa optimal. Penelitian ini merupakan pre-eksperiment dengan menggunakan desain one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sampai VIII G. Sampel penelitian yaitu kelas VIII A dan VIII C diambil dengan teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran scramble berbantu question card, sedangkan variabel terikat berupa aktivitas dan hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Godong kelas VIII Semester Gasal TA 2011/2012 pada kajian materi sistem gerak pada manusia. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif persentase kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa optimal, yakni rata-rata persentase aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan kategori sangat aktif, aktif, cukup aktif dan kurang aktif secara berturut-turut yaitu sebesar 28,17%, 56,6%, 13,54% dan 8,93% serta rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal ≥ 75% yaitu sebesar 90,48 %. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran sangat baik. Berdasarkan hasil wawancara guru menyarankan untuk lebih mengoptimalkan manajemen kelas sehingga lingkungan belajar menjadi lebih kondusif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran scramble berbantu question card pada materi sistem gerak kelas VIII di SMP N 1 Godong Grobogan dapat menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, hasil belajar, question card, scramble
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 04:32
Last Modified: 16 May 2012 04:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12185

Actions (login required)

View Item View Item