Penggunaan Slide Presentation – Word Square Complex Pada Materi Virus Di SMAN 1 Salaman Terhadap Hasil Belajar Siswa


Rosie Asna, 4401406049 (2012) Penggunaan Slide Presentation – Word Square Complex Pada Materi Virus Di SMAN 1 Salaman Terhadap Hasil Belajar Siswa. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penggunaan Slide Presentation – Word Square Complex Pada Materi Virus Di SMAN 1 Salaman Terhadap Hasil Belajar Siswa] Microsoft Word (Penggunaan Slide Presentation – Word Square Complex Pada Materi Virus Di SMAN 1 Salaman Terhadap Hasil Belajar Siswa) - Published Version
Download (24kB)

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi antara guru dan siswa dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran terjadi komunikasi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa agar pesan dapat disampaikan. Supaya materi yang disampaikan oleh guru dapat diterima dengan baik oleh siswa, maka perlu adanya media yang merupakan wahana penyalur pesan. Media pembelajaran berisi tentang materi sehingga media tersebut dapat digunakan sebagai penyalur pesan. Dengan penggunaan media slide presentation-word square complex peserta didik dapat mencapai KKM yang telah ditentukan. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Salaman Kelas X semester gasal tahun ajaran 2011/2012. Populasinya adalah siswa kelas X dengan sampel kelas Xf, Xg mengunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitiannya adalah Pre-Eksperimental design dengan menggunakan One Shot Case-Study. Alat yang digunakan adalah: soal tes, lembar diskusi siswa, lembar observasi, angket tanggapa siswa dan guru. Prosedur Penelitian : persiapan, pelaksanaan dan analisis data. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dan deskripsi persentase. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Salaman telah mencapai KKM yaitu 68 mencapai 97 % dan yang mencapai diatas KKM penelitian (78) ada 9 peserta didik. Hal tersebut dikarenakan KKM yang ditentukan dalam penelitian merupakan KKM tinggi, sedangkan sekolah yang digunakan merupakan sekolah dengan input menengah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan slide presentation – word square complex mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Virus, slide presentation, word square
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 11:27
Last Modified: 16 May 2012 11:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12183

Actions (login required)

View Item View Item