Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Model Mind Mapping Berbantuan CD Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012 pada Materi Pokok Teorema Pythagoras
Ratri Rahayu, 4101408041 (2012) Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Model Mind Mapping Berbantuan CD Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012 pada Materi Pokok Teorema Pythagoras. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Model Mind Mapping Berbantuan CD Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012 pada Materi Pokok Teorema Pythagoras)
- Published Version
Download (26kB) |
Abstract
Salah satu permasalahan pada pembelajaran matematika adalah bagaimana mengajarkan materi pokok teorema Pythagoras dalam bentuk yang menarik sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan daya ingat peserta didik. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah menerapkan model pembelajaran mind mapping berbantuan CD pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) apakah hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran mind mapping berbantuan CD pembelajaran lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran direct instruction, (2) apakah hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran mind mapping berbantuan CD pembelajaran telah mencapai criteria ketuntasan minimal (KKM), dan (3) apakah proporsi hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran mind mapping berbantuan CD pembelajaran yang telah memenuhi KKM lebih baik daripada proporsi hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran direct instruction yang telah memenuhi KKM. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2011/2012 yang berada dalam enam kelas. Sampel diambil secara random sampling dan terpilih kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen, kelas VIII-C sebagai kelas kontrol, dan kelas VIII-B sebagai kelas uji coba. Hasil penelitian menunjukkanrata-rata hasil belajar matematika dengan pembelajaran mind mapping berbantuan CD pembelajaran lebih baik dari rata-rata hasil belajar matematika dengan pembelajaran direct instruction, hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran mind mapping berbantuan CD pembelajaran telah mencapai KKM, dan proporsi hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran mind mapping berbantuan CD pembelajaran yang telah memenuhi KKM lebih baik daripada proporsi hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran direct instruction. Simpulan yang diperoleh pembelajaran mind mapping berbantuan CD pembelajaran lebih efektif daripada pembelajaran matematika dengan direct instruction untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok teorema Pythagoras. Peneliti menyarankan bahwa model pembelajaran mind mapping berbantuan CD pembelajaran tersebut dapat digunakan pada pembelajaran materi teorema Pythagoras.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keefektifan, Mind Mapping, CD pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 16 May 2012 04:09 |
Last Modified: | 16 May 2012 04:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12178 |
Actions (login required)
View Item |