Penerapan Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS) Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Peningkatan Minat Peserta Didik pada Materi Pokok Kubus dan Balok Kelas VIII SMP N 5 Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012.


In Diyah Saraswati, 4101408034 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS) Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Peningkatan Minat Peserta Didik pada Materi Pokok Kubus dan Balok Kelas VIII SMP N 5 Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS) Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Peningkatan Minat Peserta Didik pada Materi Pokok Kubus dan Balok Kelas VIII SMP N 5 Pemalang ] Microsoft Word (Penerapan Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS) Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Peningkatan Minat Peserta Didik pada Materi Pokok Kubus dan Balok Kelas VIII SMP N 5 Pemalang ) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Untuk meningkatkan minat dan efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep, guru perlu memilih model pembelajaran yang tepat, alternatif model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS) berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan alat peraga. Dengan model pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat bekerja lebih aktif untuk menyelesaikan masalah dalam kelompok kecil. Dengan berbantuan LKPD diharapkan peserta didik dapat lebih aktif mengikuti tuntunan dari LKPD tersebut sehingga mereka seolah-olah dapat menemukan konsep sendiri. Selain itu, dengan menggunakan alat peraga manipulatif peserta didik diharapkan dapat tertarik sehingga minat mengikuti pelajaran matematika meningkat. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah model pembelajaran TS-TS berbantuan LKPD dan alat peraga dapat meningkatkan minat belajar matematika peserta didik; mengetahui apakah model pembelajaran Two TS-TS berbantuan LKPD dan alat peraga efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik; dan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep pesrta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan model TS-TS berbantuan LKPD dan alat peraga lebih baik daripada peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP N 5 Pemalang tahun pelajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling dan terpilih kelas VIIIF sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIE sebagai kelas kontrol. Simpulan yang diperoleh adalah: (1) penerapan model pembelajaran TS-TS berbantuan LKPD dan alat peraga dapat meningkatkan minat belajar peserta didik; (2) penerapan model pembelajaran ini untuk materi kubus dan balok dapat mencapai ketuntasan belajar baik individual maupun klasikal, berarti penerapan model ini efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik; (3) kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran ini untuk materi kubus dan balok lebih baik dari pada peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), alat peraga, minat, kemampuan pemahaman konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 11:07
Last Modified: 16 May 2012 11:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12177

Actions (login required)

View Item View Item